Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

WORKSHOP AUDIT MUTU DAN MONEV INTERNAL FAKULTAS KEDOKTERAN UNIMUS

Semarang | meningkatkan kualitas penjaminan mutu merupakan hal yang sangat penting didalam sebuah institusi perguruan tinggi, dan juga pada tingkat fakultas dimana hal tersebut akan menambah point plus bagi Perguruan Tinggi atau Universitas. Peningkatan penjaminan mutu tentunya harus diikuti dengan meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk menghasilkan luaran yang bagus, sehingga diperlukannya seorang auditor yang berkompeten untuk menunjang terwujudnya peningkatan penjaminan mutu suatu Fakultas maupun Universitas.

Untuk mencapai hal tersebut Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar Pelatihan dan Workshop Audit Mutu dan Monev Internal pada Kamis (4/2/2021) secara Daring dengan mendatangkan narasumber Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Prof Dr Ir Zainuri DEA, dan dari Tim UPQuality , Bpk Dr. Bhakti Hendrakusuma. Sementara itu kegiatan dihadiri oleh Rektor Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Dr. Edy Soesanto, S.Kp, M.Kes, Dekan Fakultas Kedokteran dr. Wahyu Budi Martono, M.Si.Med.Sp.THT-KL, serta diikuti oleh 103 peserta yang berasal dari Dosen Fakultas Kedokteran dan Dosen dari Fakultas lain di lingkungan Unimus.

Selaras dengan yang disampaikan Dekan FK Unimus dr. Wahyu Budi Martono, M.Si. Med, Sp. THT-KL dalam sambutannya bahwa acara tersebut digelar bertujuan untuk menjaring auditor baru dan juga untuk merefresh peserta workshop yang pernah ikut pelatihan serupa. Adanya kegiaan worshop tersebut diadakan adalah berdasarkan pada system akreditasi yang dijalakan oleh Fakultas Kedokteran yang semula akreditasi menganut system 7 standar beralih ke system 9 standar, sehingga auditor yang telah mengikuti pelatihan juga perlu mengetahui update pengetahuan tentang penjaminan mutu internal tersebut.

Selain itu dekan juga menyebutkan bahwa kegiatan workshop penjaminan mutu dan monev internal tersebut merupakan dari serangkaian kegiatan pelatihan penjaminan mutu yang dilaksanakan dari tanggal 3 sampai 17 Februari 2021, yang dimana pada tanggal 4 sampai 5 Februari 2021 dilaksanakan workshop dengan tatap muka secara daring dan sisanya dilanjutkan dengan tugas lapangan.

Didalam sambutannya Rektor Unimus Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd juga menyampaikan bahwa digelarnya kegiatan workshop audit Mutu dan Monev Internal tersebut selain untuk Fakultas kedokteran juga untuk seluruh Dosen yang tergabung dalam gugus penjaminan mutu, dan satuan penjaminan mutu serta Auditor di lingkungan Unimus. Sehingga harapannya dengan kegiatan tersebut penjaminan mutu yang ada di Unimus akan semakin bagus dan maju, karena hal tersebut mempengaruhi pada akreditasi baik dalam tingkat Program Studi maupun Universitas dengan menerapkan 9 kriteria.

Sementara itu kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Prof Dr Ir Zainuri DEA  menyapaikan apresiasi terhadapUnimus dan juga Fakultas Kedokteran Unimus karena telah mneyelenggarakan kegiatan Workshop Audit Mutu dan Monev Internal. Beliau menyampaikan Ruh dari pada prodi untuk eksis pada branding dan brandsmartking ada pada auditor dan dari hasil audit internal. Sebagaimana diketahui akreditasi dengan menganut 9 standar, maka dibutuhkan kinerja dan sinergi tentang bagaimana semua merupakan suatu link dan network dnegan menyajikan data yang saling mendukung.

Selain itu Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jateng juga menyampaikan bahwa ditingkat kementrian PDDIKTI data yang diperoleh dari penjaminan mutu internal merupakan satu kesatuan yang menunjukkan luaran dan kinerja. Dan juga disebutkan bahwa data yang ada di Program Studi, Department, Fakultas maupun Universitas jangan hanya dijadikan data yang bersifat angka dan luaran, akan tetapi data dapat dinarasikan menjadi satu kebijakan fungsional, sehingga bila nanti disusun dan diploting atau di overlink kedalam resntra maupun monev dapat menjadi suatu pentunjuh arah terhadap Pelayanan Pendidikan tinggi akan dibawa untuk kedepannya.

Reportase Humas Unimus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *