Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

S1 INFORMATIKA UNIMUS GELAR LOKAKARYA PENINGKATAN KURIKULUM PROGRAM STUDI BERDASARKAN KEBIJAKAN MBKM

Semarang | Kurikulum dan pendidikan merupakan dua hal yang saling berkaitan erat, dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Sistem pendidikan yang dijalankan baik didalam  perguruan tinggi maupun sekolah pada zaman modern seperti saat ini pada dasarnya tidak mungkin tanpa melibatkan keikutsertaan kurikulum. Tidak mungkin ada kegiatan pendidikan tanpa kurikulum. Kebutuhan akan adanya aktivitas pendidikan selalu berarti kebutuhan akan adanya kurikulum. Sementara semakin maju dunia Pendidikan tentu juga akan adanya perubahan didalam kurikulum yang dijalankan, seperti pada saat ini kurikulum mengarah pada Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang merupakan gagasan yang digulirkan oleh pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Maka dari itu dengan adanya hal tersebut Program Studi S1 Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) Mengelar Lokakarya Peninjauan Kurikulum Prodi S1 Informatika, Kamis (25/2/2021) di Kampus IV Unimus yang teletak di jalan Kasipah Semarang. Hadir dalam kegiatan tersebut Dekan (D. RM. Bagus Irawan Widyawardana, M.Si., IPM) yang sekaligus sebagai Welcome Speech, Kaprodi S1 Informatika (Drs. Akhmad Faturrohman, M.Kom.) dan sebagai Moderator dalam kegiatan tersebut, serta diikuti oleh seluruh Dosen dan Sivitas Akademika di lingkungan Fakultas Teknik Unimus.

Menghadirkan narasumber yang sudah ahli dalam bidangnya dari kalangan praktisi dan akademisi diantara Dr. Srikusumadewi, S.Si., MT.,(dari Prodi Informatika UII), Sunardi, ST., MT., Ph.D (dari APSI-PTMA & Dekan Fakultas Teknik Industri UAD), Yogi Agung Saloka, Ph.D (PT. Telkom Indonesia), kemudian Ns. Ardiyanto, MMR (Ahli Kesehatan dari RS Roemani Semarang), dan Luqman Assaffat, ST., MT., M.Kom (Wakil Dekan FT Unimus), diharapkan dapat memberikan masukan dan informasi terkait dengan kegiatan lokakarya peninjauan Kurikulum tersebut.

Dalam sambutan dan sekaligus membuka acara dekan menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut adalah merupakan kegiatan yang diadakan untuk meninjau Kembali kurikulum Prodil S1 Informastika Unimus yang sudah memasuki tahun kedua sejak berdiri pada tahun 2019 yang lalu. Selain itu kegiatan tersebut juga merupakan salah satu syarat sebuah prodi untuk melakukan akreditasi, dimana salah satu syaratnya adalah dengan adanya peninjauan kurikulum dan bisa dijadikan sebagai salah satu kriteria dalam penilaian.

Selain itu diadakannya kegiatan lokakarya peninjauan kurikulum juga merupakan salah satu hal bagaimana mengembangkan dan menjalankan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digulirkan oleh pemerintah melalui kementrian Pendidikan dan kebudayaan Indonesia, yang didalamnya terkandung makna penting menjadi Point untuk mencapai Pendidikan yang sesuai dengan Standar yang ada.

Sementara itu  peninjauan kurikulum pada prodi Informatika juga merupakan tindakan yang sangat tepat untuk dilakukan, selain kurikulum yang selalu mengalami peningkatan juga perkembangan dalam dunia teknologi dan industri. Maka dari itu perkembangan kurikulum MBKM  juga berkaitan dengan perkembangan teknologi dan revolusi Industri 4.0 pada saat ini, dimana semua system pembelajaran sudah mengarah pada teknologi informasi berbasis internet. Oleh sebab itu peninjauan kurikulum tersebut menjadi penting dilakukan khususnya bagi Prodi S1 Informatika Unimus dalam meningkatkan system belajar, menghasilkan mahasiswa dan lulusan informatika yang berkarakter dan berdaya saing global.

Reportase Humas Unimus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *