Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

FT Unimus gelar Workshop Mudah menulis artikel di media massa “Kiat Jitu Artikel Tembus di Koran”

Semarang | Secara umum, menulis artikel untuk media lebih ringan kaidah-kaidahnya, lebih mudah pula menulisnya bila dibanding menulis artikel untuk jurnal-jurnal ilmiah pada umumnya ketat dengan berbagai aturan dan kaidah yang harus dipenuhi. Selain itu dalam penulisannya, menulis sebuah artikel untuk media, baik media internal maupun media massa, berbeda teknik dan kaidahnya dengan menulis artikel ilmiah untuk jurnal atau penerbitan ilmiah lainnya.

Maka dari itu, dari permasalahan tersebut Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Semarang mengadakan Workshop Mudah menulis artikel di media massa dengan mengangkat tema “Kiat Jitu Artikel Tembus di Koran”, pada Selasa (30/3/2021) bertempat dilantai 3 gedung kampus 4 Unimus yang berada di Jalan Raya Kasipah Semarang.

Dihadiri oleh Dekan (Dr. RM. Bagus Irawan W., M.Si., IPM) yang sekaligus sebagai salah satu narasumber, Wakil Dekan, Para Ketua Progrmam Studi, Dosen, di lingkungan civitas akademika Fakultas Teknik Unimus, dan mendatangkan Narasumber Senior Jurnalis Media Massa Kedaulatan Rakyat (Dr. Sugeng Irianto, M. Pd.). serta diikuti oleh peserta dari beberapa wilayah di Indonesia yang terdiri  dari Mahasiswa, Tenaga Professional, Guru dan Praktisi.

Tujun dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan bagi peserta bagaimana cara  penyampaian dan proses penulisan di media madda baik dari sudut pandang wartawan atau dari sudut padang media dan penulis. Semenatra itu dekan menyampaikan dengan adanya kegiatan workshop tersebut peserta diharapkan menemukan informasi yang penting terkait kiat-kiat jitu bagaimana sebuah tulisan itu bisa dimuat di media massa atau di surat kabar. Dengan demikian akan menambah keahlian yang dimiliki khususnya bagi mahasiswa, sehingga bisa menjadi bekal Ketika akan memasuki dunia pekerjaan. Mempunyai keahlian tambahan disamping keahlian keprofesian yang telah didapatkan selama berada di bangku perkuliahan.

Dekan juga menyampaikan ada beberapa kiat jitu agar sebuah tulisan bisa dimuat di media massa diantaranya dengan mengangkat kejadian yang sedang terjadi di lingkungan sekitar maupun masyarakat, opini akan sesuatu keresahan yang ada dan kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan dengan tujuan agar mendapat perhatian baik masyarakat ataupun pemerintah untuk kemudian ada tindak lanjut untuk menjadikan lingkungan menjadi lebih baik lagi. Selain itu juga didalam menulis sebuah artikel juga harus didasari dengan ingin menecoba, pantang menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *