Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

FE Unimus Dorong Dosen Menjadi Peneliti Handal Melalui Pelatihan Metodologi Penelitian & Sitasi

Semarang | memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam hal penggunaan Reference Manager untuk penulisan artikel/penelitian yang tepat, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang (FE Unimus) Kegiatan pelatihan metodologi penelitian dan sitasi bagi dosen. Dengan adanya acuan kebijakan pemerintah tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, maka setiap Universitas harus memenuhi kewajiban dari arah kebijakan tersebut. Salah satu aspek penting dalam standar tersebut adalah sumber daya dosen sebagai peneliti yang membaktikan diri pada pencarian kebenaran ilmiah untuk memajukan ilmu pengetahuan, menemukan teknologi dan menghasilkan inovasi bagi peningkatan peradaban dan kesejahteraan manusia, selain itu juga  untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian.

Kegiatan dilaksanakana dua hari kamis dan Jum’at (22-23/7/ 2021) secara virtual melalui aplikasi zoom meeting sebagai langkah untuk mengurangi penularan covid-19 dengan menggandeng narasumber Nurcahyono, SE.,M.SA dan diikuti oleh seluruh dosen dilingkungan Fakultas Ekonomi Unimus. Pada hari pertama materi yang disampaikan adalah pengolahan data penelitian dengan software SPSS kemudian dilanjutkan hari kedua dengan pelatihan PLS, Eviews dan Mendelay. Dibuka oleh Dekan FE Unimus (Dr. Haerudin, MT.) menyebutkan  bahwa Kegiatan pelatihan tersebut  sebagai langkah awal untuk menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya bagi Unimus, yang sebelumnya telah dilaksanakan presentasi tentang kegiatan pelatihan di Fakultas Ekonomi dan Muamalat Universiti Sains Islam Malaysia (FEM USIM), dan merupakan aspek penting untuk mendukung tercapainya salah satu tujuan Universitas. Selain itu usaha untuk mewujudkan tujuan Universitas yang unggul berkarakter berbasis teknologi dan berwawasan internasional memang tidak mudah. Kelemahan utama lebih disebabkan oleh motivasi dosen untuk meneliti dan mempublikasikan karyanya dalam jurnal ilmiah. Untuk menuju peringkat Universitas yang lebih baik dalam level nasional dan internasional, diantaranya diperlukan jumlah dan mutu penelitian ilmiah yang di publikasikan oleh dosen. Menyikapi permasalahan tersebut maka di perlukan peningkatan pengetahuan untuk menulis artikel ilmiah melalui pelatihan penulisan artikel untuk jurnal.

Dengan mengangkat tema “Developing Research Methodology and Citation in Desigining Effective and Efficient Citation Style” pelatihan metodologi penelitian dan sitasi bertujuan untuk Memberikan pengetahuan bagi para dosen yang belum berpengalaman dalam menggunakan aplikasi SPSS, PLS, Eviews dan Mendelay, Mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah, Menjalin hubungan yang erat antara para dosen dimasing-masing rumpun bidang penelitian, serta Mendorong dan meningkatkan jumlah publikasi riset khususnya bagi dosen/peneliti muda. Sementara target yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan tentang cara penggunaan template jurnal. Sehingga dengan kegiatan ini para dosen yang akan menulis artikel dapat terbantu mengenai permasalahan teknis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *