Semarang | Bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28/10/2021, Univesitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) dengan dikoordinatori oleh Lembaga Studi Islam Kemuhammadiyahan dan Mata Kuliah Umum  (LSIK&MKU) gelar webinar Bulan Bahasa bekerjasama dengan PT Penerbit Penerbit Erlangga Semarang secara Daring Sabtu, (30/10/2021) lalu dan diikuti oleh Diikuti oleh mahasiswa UNIMUS.. Kegiatan dihadiri oleh Kepala LSIK & MKU Unimus (Dr. Rochdi Warsono, M.Si), Dosen dan Sivitas Akademika Unimus, Pimpinan PT. Penerbit Erlangga cabang Semarang, Hari Setiawan, S.E., dan mengundang Narasumber Dr. Alex, S.S., M.Pd (Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) .

Dengan mengangkat tema “Berbahasa Sehat Indonesia Tangguh” peringatan bulan Bahasa diharapkan dapat digelar secara rutin setiap bulan Oktober sekaligus berbarengan dengan hari sumpah pemuda, dimana hal tersebut sebagai langkah kesepakatan bahwa Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan di Indonesia, hal tersebut sejalan dengan pernyataan kepala LSIK dan MKU Unimus Dr. Rochdi dalam memberikan sambutannya yakni “sebagai sebuah bangsa dan negara tentunya mempunyai satu Bahasa yang digunakan sebagai Bahasa nasional dalam kehidupan sehari – hari, contoh nya di negara kita, Bahasa Indonesia selain sebagai Bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi juga sebagai salah satu pemersatu bangsa, hal tersebut dikarenakan didalam negara Indonesia sendiri terdapat beragam Bahasa dan Adat yang tentunya memiliki beragan perbedaan pula dalam penggunaannya”.

Dari hal tersebut maka sangat penting diadakan kegaitan webinar Bulan Bahasa selain untuk menumbuhkan ara cinta pada tanah air, tapi juga untuk memelihara semangat dan meningkatkan peran masyarakat luas dalam upaya mengembangkan dan membina Bahasa. Selain itu Dr. Rochdi juga menyampaikan dalam peringatan Bulan Bahasa tersebut Unimus melalui LSIK dan MKU sanagat mendukung penuh kegiatan tersebut, salah satu contoh bentuk dukungan Unimus yakni LSIK dan MKU akan berusaha menggandeng, mendukung serta mendorong para pengajar atau Dosen yang ada dilingkungan Unimus untuk aktif melakukan penelitian dan juga pengabdian pada masyarakat, dan  dituangkan dalam bentuk tulisan dan buku yang kemudian dapat diterbitkan melalui Kerjasama dengan penerbit Erlangga, seingga harapnnya dari tulisan tersebut terdapat Ilmu yang dapat berguna baik bagi diri sendiri, masyarakat luas, bangsa dan negara.

Dalam acara webinar Webinar dengan narasumber Dr. Alek, M.Pd. (Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) tersebut juga diselenggarakan penandatanganan Kerjasama (MoU) antara Unimus dengan PT. Penerbit Erlangga Semarang sebagai bentuk apresiasi dri PT. Penerbit Erlangga terhadap Dr. Yustinah, M.Pd., yang merupakan salah satu dosen yang aktif dan produktif dalam menulis dan menerbitkan buku di PT. Penerbit Erlangga Semarang. Tindak lanjut dari penandatanganan MoU tersebut yakni PT. Penerbit Erlangga memberikan fasilitas baik bagi Dosen Maupun Mahasiswa Unimus untuk bisa menerbitkan buku dan selain itu juga melakukan promosi dari karya – karya penulis handal untuk Mahasiswa Unimus

Loading

Leave a Reply