Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Workshop Nasional dan Lomba Penulisan Artike Ilmiah Populer di Media Massa Fakultas Teknik Unimus

Mahasiswa, dosen, guru dan kalangan akademisi lainnya perlu memiliki ketrampilan menulis artikel ilmiah populer atau sejumlah media massa menyebut sebagai tulisan opini. Lewat tulisan tersebut, akademisi bisa sharing ilmu dan pemikiran baik terkait ilmu yang digeluti maupun di luar bidang ilmu ke masyarakat luas melalui media massa. Terlebih sekarang ini media massa menggunakan internet sebagai sarana penyebaran informasinya sehingga jangkauan muatan media massa termasuk tulisan ilmiah populer kita bisa tersebar secara nasional bahkan internasional.

Hal tersebut disampaikan Dekan Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) yang juga penulis produktif di berbagai media cetak dan elektronik nasional Dr Ir RM Bagus Irawan W ST MSi IPM saat tampil sebagai pembicara Workshop Nasional Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa Online dan Cetak di kampus FT Unimus, akhir pekan lalu.

Menurutnya, semakin banyak kalangan akademisi menulis tulisan opini (Ilmiah) populer di media massa maka selain gagasannya semakin luas dibaca masyarakat, sekaligus juga nama penulis serta lembaga penulis kuliah/bekerja ikut juga terangkat atau makin terkenal.

“Bagi para calon penulis atau pemula perlu banyak membaca dan mengikuti gaya selingkung media massa yang akan dikirimi naskah. Dengan mengikuti gaya selingkung baik terkait aturan administratif (misal jumlah karakter, alamat email tujuan) maupun konten dan bahasanya maka semakin besar kemungkinannya naskah akan diterima” ujar Dr RM Bagus Irawan.

Lebih lanjut berdasarkan pengalaman dirinya saat awal proses menjadi penulis baru di media massa, Dr RM Bagus Irawan menyampaikan perlu upaya keras dan pantang menyerah saat mengirimkan naskahnya ke media massa. Dirinya-pun saat awal menulis, naskah awalnya tidak langsung dimuat di media massa, namun harus melewati proses kirim beberapa kali baru dimuat dan setelah itu lancar.

Pada workshop dengan moderator Muh Sam’an SSi M.Mat ini selain Dr RM Bagus Irawan, tampil pula sebagai narasumber Dr Sugeng Irianto MPd yang juga senior jurnalis Kedaulatan Rakyat. Dirinya memaparkan tentang trik dan tip menulis artikel untuk media massa mulai dari proses penulisan sampai ke pemuatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *