Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

KULIAH PAKAR DAN PENANDATANGANAN KERJASAMA FKM UNIMUS DENGAN BAPELKES SEMARANG

Kebijakan kesehatan menjadi hal yang sangat penting di era sekarang yang disebabkan dengan adanya sektor kesehatan yang merupakan slaah satu bagian dari kemajuan ekonomi bangsa. Selain itu sektro Kesehatan juga mengabsorpsi banyak anggaran belanja negara untuk sumber daya Kesehatan.

Kebijakan Kesehatan merupakan kekuatan dari aspek politik yangmempengaruhi masyarakat baik pada tingkat lokal, nasional, maupun dunia. Kebijakan Kesehatan juga merupakan sebagai kebijakan publik danmenjadi tanggungjawab bersama baik pemerintah maupun swasta atau masyarakat.

Ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan sebelum sebuah kebijakan ditetapkan dan diimplementasikan yakni tahapan perumusan, penetapan, dan pengimplementasian. Sementara itu dalam implementasiannya,  kebijakan Kesehatan tidak hanya dilakukan pada pusat saja, melainkan dapat diimplenetasikan pada puskesmas dan dinas Kesehatan .

dari pikiran dan uraian diatas, maka Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar kegiatan Kuliah Pakar kepada Mahasiswa dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang analis kebijakan Kesehatan, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa tentang perumusan, penetapan dan pelaksanaan kebijakan Kesehatan, serta meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang implementasi kebijakan Kesehatan di tingkat Dinas Kesehatan.

kegiatan Kuliah Pakar tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Pelatihan Kesehatan Semarang (Asep Zaenal Mustofa, SKM., M.Epid), Dekan FKM (Dr. Sayono, S.KM, M.Kes (Epid)), diikuti oleh peserta sebanyak 314 Orang yang berasal dari Tenaga Pendidik, Kependidikan dan Mahasiswa semester 2 dan 4, dengan mendatangkan narasumber Analis Kebijakan- B2P2VRP Salatiga (Muhammad Edi Royandi, S.KM., MPH) dan Sub Koordinator Pelayanan dan Jaminan Kesehatan (Pramudya Teguh Sucipto, S.KM., M.Kes).

“Sebagai Ahli Tenaga Kesehatan Masyarakat diharapkan dapat teruis mengupgrade ilmu yang dimiliki, hal tersebut dikarenakan komptensi ini akan selalu dibutuhkan ditengan masyarakat dan menjadi koridor utama untuk bekerja Secara professional dalam menyikapi, merumuskan, menjalankan dan mengevaluasi aka  kebijakan Kesehatan” kata Dekan. Beliau menambahkan dengan adanya kuliah pakar ini akan membekali mahasiswa dalam kompetensi kebijakan Kesehatan yang keberadaanya masih belum banyak di Indonesia.

selain itu didalam kegiatan kuliah pakar tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Kerjasama antara FKM Unimus dengan Bapelkes Semarang dengan tujuan untuk Pelaksanaan TRI DHARMA Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *