Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Bekerjasama dengan JULEHA, LSIK & MKU Unimus Gelar Pelatihan Manajemen Qurban dan Penyembelihan Halal

Semarang | 16/06/2022 Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha yang tinggal menghitung hari, Lembaga Studi Islam Kemuhammadiyahan dan Mata Kuliah Umum (LSIK & MKU) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan pelatihan penyembelihan hewan Qurban, bekerjasama dengan Juru Sembelih Halal (JULEHA) dan Pusat Studi Gizi & Pangan Halal Unimus tentang Manajemen Penyembelihan Qurban dan penjaminan produk halal

Kegiatan diikuti oleh peserta sebanyak 47 orang yang berasal dari berbagai instansi dan isntitusi Pendidikan di kota Semarang, yang dilaksanakan pada hari Rabu (15/6/2022) bertempat diaula lantai 7 Gedung Kuliah Bersama (GKB) Unimus, dengan dihadiri oleh Wakil Rektor I (Dr. Budi Santosa, M.Si, Med.) Kepala LSIK & MKU (Dr. Rochdi Warsono, M.Si), Kepala Studi Pangan dan Halal yang dalam hal ini diwakilkan oleh Dr, Agus Suyanto.

Dalam sambutan Ketua LSIK & MKU Dr. Rochdi Warsono, M.Si. menyapaikan ” kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para peserta terkait dengan bagaimana cara menyediakan dan memanajemen dalam penyembelihan hewan qurban. Selain itu bagi Unimus sendiri yang untuk saat ini sudah memiliki Unimus Farm atau peternakan hewan yakni kambing dan domba, agar memiliki ilmu dan penyediaan sarana prasarana dalam melaksanakan Qurban.

Bekerjasama dengan juru sembelih halal (JULEHA) yang sudah berjalan 2 (dua) tahun ini ┬áselama masa pandemic covid – 19 diharapkan dapat memahami bagaimana cara penyembelihan yang baik serta kompeten sehingga dapat menjamin kualitas produk daging Qurban yang dihasilkan menjadi berkualitas dan halaln untuk diedarkan dan dibagikan kepada masyarakat, maka dari itu juru sembelih halal menjadi sangat penting dalam menentukan terpenuhinya syarat ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal)

Upaya yang dilakukan oleh LSIK & MKU Unimus ini sangat baik dalam rangka agar kita semua tahu syarat penyembelihan qurban yang baik dan halal, “ini adalah kegiatan kali pertama yang dilaksanakan dan diharapkan bisa dilaksanakan secara rutin agar masyarakat yang belum tau bisa melalukan atau melaksanakan manajemen tertentu dengan baik dan benar sesuai dengan syariat” ucap Wakli Rektor 1 Dr. Budi Santosa, M.Si.Med

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *