Universitas Muhmamadiyah Semarang melalui Program kompetisi kampus Merdeka ( PKKM ) Tahun ke-2 mengadakan kegiatan Workshop Perancangan Sistem Instrumen Berbasis Outcome Based Education (OBE ) untuk Mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Acara yang digelar oleh team perumus MBKM ini dihelat di Hotel Laras Asri Salatiga, Senin-Rabu, 8-10 Agustus 2022. Dalam sambutanya Wakil Rektor II Dr. Budi Santosa, M.Si.med sekaligus membuka kegiatan workshop mengatakan bahwasanya untuk melahirkan sumber daya yang inovatif dan adaptif terhadap teknologi, diperlukan penyesuaian kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan dan pembelajaran dalam hal teknologi informasi, internet, analisis big data dan komputerisasi. Maka Perguruan tinggi wajib menyediakan infrastruktur pembelajaran tersebut diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang terampil dalam aspek literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia.


Berdasarkan hasil Focus Group Discussion (FGD), Analisis Evaluasi Hasil Monev dan Rekomendasi Instrumen Berbasis OBE yang kegiatanya telah dilaksanakan, Workshop ini merupakan perancangan sistem instrumen berbasis OBE untuk mendukung program MBKM yang mana mengundang narasumber yang telah menerapkan sistem instrumen berbasis OBE untuk bisa memberikan penjelasan terkait sistem yang sudah diterapkan. Dengan mengangkat tema “ Perancangan Sistem Instrumen Berbasis Outcome Based Education (OBE) untuk Mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)” dan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya adalah Prof. Raden Teduh Dirgahayu, ST., M.Sc sebagai pemateri 1 dengan tema “Perancangan Sistem Informasi Outcome Based Assessment Education (OBAE)”, pemateri ke 2 Prof. Dra. Sri Hartati, M.Sc. dengan tema Penyusunan Assessment Berbasis Outcome Based Assessment Education (OBAE), pemateri ke 3 Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan MLS., Ph.D. dengan mengusung tema” Workshop Perancangan Sistem Instrumen Berbasis Outcome Based Assessment Education (OBAE), pemateri ke 4 Munajat Tri Nugroho, S.T., M.T., Ph.D. dengan tema Pembuatan Sistem Penilaian Berbasis Outcome Based Assessment Education (OBAE).


Workshop diikuti sekitar 50 peserta terdiri dari penangung jawab kurikulum Prodi yang ada di Unimus dan unit-unit yang terkait untuk merumuskan perancangan system. MBKM sehingga Diharapkan kegiatan ini bisa memberikan gambaran kepada UNIMUS sebagai acuan dalam perancangan sistem instrumen berbasis OBE untuk mendukung program MBKM sehingga mendapatkan output dokumen perancangan sistem instrumen berbasis OBE untuk mendukung program MBKM.

Loading

Leave a Reply