Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Peringati Hari Statistika Nasional dan Puncak Nacoesta 2022 S1 Statistika Kerjasama dengan Himasta Unimus gelar Webinar Nasional “Small Area Estimation Methods and Applications in the Era of Disruption”

Semarang | Bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Statistika, Program Studi S1 Statistika Fakultas Matematika (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) gelar Seminar Nasional dengan mengangkat tema “Small Area Estimation Methods and Applications in the Era of Disruption “, Jum’at (30/9/2022) di Aula lantai 8 Gedung Kuliah Bersama (GKB) II.

Webinar  nasional digelar secara Hybrid yang dihadiri oleh Dekan (Dr. Eny WInaryati, M.Pd) Kepala Program Studi S1 Statistika (Ibu Indah Manfaati Nur, S.Si., M.Si) Kepala Program Studi S1 Pendidikan Matematika (Eko Andi Purnomo, M.Pd) Kepala Program Studi S1 Pendidikan Kimia (Fitria Fatihatu Hidayah,M.Pd), diikuti oleh 164 peserta secara luring dan 160 peserta secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan streaming youtube, dengan mengundang narasumber Ketua Departemen Statistika FMIPA ITB University dan pakar Small Area Estimation di Indonesia (Dr. Anang Kurnia, M.Si).

Tujuan diadakannya kegiatan seminar nasional tersebut adalah untuk menambah wawasan serta masukan yang bermanfaat kepada Mahasiwa dan peserta tentang pendugaan area kecil sesuai dengan tema yang diangkat. Selain itu kegiatan seminar ini juga sebagai salah satu rangkaian kegiatan perayaan hari Statistika Nasional yang diperingati setiap tanggal 26 september, dan sebagai penutupan kegiatan Kompetisi Nasional Statistika NACOESTA (National Competition of De Estadisticas) Unimus tahun 2022 yang telah diikuti oleh berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

“kegiatan seminar ini mengangkat tema “Small Area Estimation Methods and Applications in the Era of Disruption” berbeda dari seminar yang sudah dilaksanakan sebelumnya terkait dengan era big data. Small area ini secara umum mampu digunakan untuk menduga parameter di area dengan sampel yang relatif kecil, sehingga data yang dianalisis tidak harus memiliki ukuran sampel yang besar” ujar Ibu Indah Manfaati Nur saat memberikan sambutannya. “sementara itu Small Area Estimation distraction dapat memotret dan merubah perubahan untuk menciptakan keputusan – keputusan sampai tingkat terbawah” imbuhnya.

Kegiatan seminar ditutup dengan pengumuman pemenang dari kompetisi nasiona Statistika NACOESTA Unimus 2022 Cabang Lomba Nacoesta Essay Competition (NEC) dengan Juara III diraih oleh Victory Team dari Universitas Muhammadiyah Semarang, Juara II oleh tim Kasih November dari Universitas Bengkulu, dan juara I oleh tim Mari kita Coba dari Politeknik Statistika STIS Jakarta Timur. Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang cabang lomba Nacoseta Infographics Competition (NIC) dengan juara favorit diraih oleh tim Ban Ayang dari Universitas Tadulako Palu, Juara III oleh tim Kapela Vega dari Universitas Gajah Madha Yogyakarta, Juara II oleh tim Cippung dari Universitas Negeri Jakarta, dan Juara I oleh tim Duch dari Universitas Gajah Madha Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *