Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan assesmen lapangan pada Program Studi S-1 Sastra Inggris Universitas Muhammadiyah Semarang. Dua orang assesor BAN PT yaitu Prof. Dr. Drs. Mashadi Said, Dip.Appl.Ling., M.Pd. dari Universitas Azzahra, Jakarta, dan Nihta Vera Frelly Liando, MA., Ph.D dari UNIMA Manado telah melakukan assesmen lapangan pada tanggal 17 dan 18 September 2014, di Kampus D Unimus, Jl. Kasipah No. 12 Semarang.

IMG_8458_akreditasi SI_011

Program Studi S-1 Sastra Inggris merupakan salah satu program studi pada Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS). Program studi S-1 Sastra Inggris berdiri sejak tahun 1999 berdasarkan SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 139/D/O/1999 tanggal 4 Agustus 1999 dan akreditasi terakhir pada tahun 2009 berdasarkan SK BAN PT No. SK 006/BAN-PT/AK-XII/S1/VI/2009.

IMG_8458_akreditasi SI_031

Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing, Yesika Maya Oktarani, SS., M.Hum menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak utamanya kepada kedua assesor yang selama proses assesmen lapangan juga telah memberikan masukan –masukan yang penting untuk pengembangan Prodi Sastra Inggris di waktu yang akan datang.

Visi Program Studi S-1 Sastra Inggris adalah  Menjadi Program Studi Sastra Inggris yang berwawasan global, unggul, berbasis teknologi dan berkarakter di bidang bahasa dan sastra pada tahun 2016. Beberapa prestasi program studi ini antara lain,  mendapatkan dana hibah untuk pengembangan laboratorium bahasa dan multimedia pada  tahun 2010, memperoleh pendanaan untuk program kreativitas mahasiswa (PKM) bahkan salah satu mahasiswanya, M. Marsudin yang merupakan Atlet Panjat Tebing Jawa tengah telah beberapoa kali menyumbangkan medali emas baik di tingkat regional maupun nasional.

IMG_8458_akreditasi SI_041

Hingga tahun 2014 lulusan Program Studi S-1 Sastra Inggris sudah tersebar di berbagai institusi penerbitan, pendidikan, perhotelan, serta perusahaan di seluruh Indonesia dan …. % lulusannya bekerja sesuai bidangnya.