Partisipasi mahasiswa FKM dan KPKTR dalam CFD Simpanglima Semarang
Partisipasi mahasiswa FKM dan KPKTR dalam CFD Simpanglima Semarang

UNIMUS | Semarang (27/5/2015) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) selenggarakan peringatan “Hari Tanpa Tembakau Sedunia” (HTTS). Serangkaian acara HTTS meliputi longmarch dan aksi pencanangan Unimus sebagai “Kawasan Tanpa Rokok” (KTR). Kegiatan longmarch dibuka oleh Wakil Rektor I (Dr. Sri Darmawati, M.Si.) dan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan rutin senam pagi bagi civitas akademika Unimus. Melalui sambutannya beliau menekankan bahwa dengan dicanangkannya Unimus sebagai kawasan tanpa rokok, maka bagi siapapun yang ditemukan merokok di kawasan Unimus akan memperoleh sanksi, sebagai bentuk perlindungan kepada para perokok pasif. Hal tersebut disimbolisasikan dengan pematahan replika rokok oleh Dekan FKM (Mifbakhuddin, SKM., M.Kes) dan penandatanganan petisi sebagai wujud perjuangan KTR di kampus.

Simbolisasi pematahan replika batang rokok oleh Dekan FKM
Simbolisasi pematahan replika batang rokok oleh Dekan FKM

Masih dalam rangkaian Peringatan HTTS, (29/5/2016) FKM Unimus melakukan kampanye aksi penegakan KTR di area Car Free Day (CFD) Simpang Lima Semarang. Bersama jaringan KPKTR (Komunitas Peduli Kawasan Tanpa Rokok), mahasiswa Fakultas Kesehatan se-Jawa Tengah mewujudkan Jawa Tengah tanpa rokok. Pembina TC (Tobacco Control) mengungkapkan kampanye HTTS merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap tahun dan bertujuan untuk mengingatkan masyarakat mengenai bahaya asap rokok bagi kesehatan. Selain itu disosialisasikan pula Perda KTR Kota Semarang No. 3 Tahun 2013. KTR merupakan cara yang paling efektif dan murah untuk melindungi masyarakat dari bahaya asap rokok, terutama bagi para perokok pasif. Kegiatan yang dilarang dalam KTR meliputi larangan produksi, penjualan, iklan, promosi dan penggunaan rokok di kawasan yang ditetapkan sebagai “Kawasan Tanpa Rokok”.

Penandatanganan petisi oleh civitas akademika Unimus
Penandatanganan petisi oleh civitas akademika Unimus

Terselenggaranya acara Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia ini diharapkan menjadi acuan bagi civitas akademika Unimus untuk menyelenggarakan kegiatan yang serupa dan bermanfaat sehingga dapat menjadikan motivasi bagi seluruh mahasiswa Unimus pada umumnya.

(Sumber: UKM Komunikasi │UPT Kehumasan & JIPC)

 

Loading

Leave a Reply