Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Kerjasama dengan Pustanda, Badan Bahasa dan Balai Bahasa, FBBA Gelar Kuliah Umum “Diseminasi Program BIPA dan Penerjemahan”

Semarang – Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) bekerja sama dengan Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa (Pustanda), Badan Bahasa dan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar Kuliah Umum “Diseminasi Program BIPA dan Penerjemahan” pada Jumat (23/12/2022).

Bertempat di Aula FK UNIMUS, acara menghadirkan Suardi Eka Cipta, M.Pd (KKLP BIPA, Badan Bahasa) sebagai pembicara dan dilanjutkan dengan Dra. Emma Nababan (KKLP Penerjemah, Badan Bahasa). Dengan dilakukannya kegiatan yang berkenaan dengan BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing), diharapkan BIPA di UNIMUS dapat melaju dan berkembang sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas sekaligus berkontribusi mewujudkan UNIMUS sebagai World Class University.

Hadir untuk memberikan sambutan Dekan FBBA Muhimatul Ifadah, M.Pd. Pihaknya menyampaikan bahwa kuliah umum tersebut menjadi hal yang bisa dijadikan sarana mahasiswa untuk mengembangkan diri. “Kami juga mengundang perwakilan dari program studi lain mengingat UNIMUS adalah kampus yang potensial untuk menerima mahasiswa asing yang dari tahun ke tahun bertambah. Berdasarkan pengalaman mahasiswa-mahasiswa asing tersebut memang perlu mendapatkan treatment atau semacam “matrikulasi” bagi mahasiswa asing sehingga dapat beradabtasi dengan baik. Ini menjadi tugas kita khususnya FBBA sebagai penyedia bahasa karena selama ini pelaksanaan layanan bahasa diselenggarakan oleh FBBA, baik melalui fakultas ataupun MLC (Muhammadiyah Language Center) UNIMUS, “ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *