Semarang – Penelitian terkait teknologi pendidikan menunjukkan penggunaan flipbook berbasis virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) signifikan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman anak-anak usia dini terhadap materi pelajaran. Berangkat dari hal tersebut, Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM) Si-Bookie dari prodi S1 Informatika Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) mengembangkan terobosan dengan menciptakan pembelajaran interaktif berbasis Flipbook AR Dan VR.

Tim si Bookie yang terdiri oleh Monika Evanya Kade, Anggita Aura Pinasti, Diva Yuda Ari Pradana, Nabilah Dian Avie Anala, dan Rinanta Indra Dewi serta Muhammad Sam’an, S.Si., M.Mat sebagai dosen pembimbing melaksanakan
kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada 22 – 24 Mei 2024 di TK Pangudi Luhur Kartini Semarang. Kegiatan PKM-PM diawali dengan sambutan dan perkenalan tentang program serta demonstrasi alat. Pada hari kedua, diadakan
pelatihan intensif penggunaan alat untuk guru dan anak-anak, dimana anak anak akan dibagi menjadi 4 kelompok kecil untuk memastikan setiap individu mendapatkan perhatian yang menyeluruh. Dengan melibatkan anak-anak usia dini, PKM-PM ini menunjukkan bahwa kedua teknologi ini mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih imersif dan menyenangkan.

Inovasi ini merupakan media pengenalan materi pelajaran berbasis teknologi VR dan AR. Dengan adanya inovasi ini, diharapkan anak-anak dapat lebih mudah mengakses dan mempelajari materi pelajaran, sehingga mereka dapat lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Tim Si Bookie berharap, melalui karya ini, mereka dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan mendorong inovasiinovasi lain yang berdampak positif bagi kehidupan banyak orang.

Loading

Leave a Reply