Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

D4 Teknologi Laboratorium Medis Unimus Terakreditasi “A”

Semarang Ι Unimus (06/03/2020) Alhamdulillah program studi DIV Analis Kesehatan (Teknologi Laboratorium Medis / TLM) Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) telah terakreditasi “A” oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes). Visitasi akreditasi (asesment lapangan) telah dilaksanakan 13-15 Februari 2020 menghadirkan dua assesor LAM PT Kes yaitu Dr. Mardiana, ST, M.Biomed (Poltekes Kemenkes Jakarta) dan Siti Fatimah, Apt, M.Si (Stikes Guna Bangsa Yogyakarta).

Dengan total skor 374 peringkat Akreditasi “A” prodi DIII Analis Kesehatan Unimus tertuang dalam SK nomer 0052/LAM PTKes/Akr/Dip/I/2019, berlalu selama lima tahun sejak 29 Januari 2019 sampai 29 Januari 2024. Dikemukakan oleh Dekan Fikkes Unimus Dr. Ali Rosidi, SKM, M.Si saat ini prodi D IV Analis Kesehatan Unimus menjadi satu-satunya prodi DIII Analis Kesehatan swasta terakreditasi A di Indonesia. Ditambahkan oleh Ketua Program Studi D IV Analis Kesehatan Andri Sukeksi, SKM, M.Si, program studi yang memiliki visi “Menjadi pusat pendidikan Sarjana Sains Terapan Teknologi Laboratorium Medis yang unggul dalam bidang diagnostik molekuler tingkat Asean pada tahun 2030” ini telah meluluskan ribuan alumni yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. “Prodi D IV Analis Kesehatan Unimus berusia 10 tahun dan memiliki mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan dari luar negeri” tambahnya.

Dekan Fikkes Unimus menambahkan pihaknya merasa sangat bersyukur dengan capaian yang diperoleh prodi D4 Analis Kesehatan yang melengkapi hasil akreditasi “A” di Fikkes Unimus berjumlah 6 program studi. Hasil akreditasi ini pacuan lecutan bagi program studi lain di Fikkes untuk meraih prestasi yang sama yaitu akreditasi A karena tahun 2020  ini dua program studi Sarjana di Fikkes akan melakukan akreditasi ulang dan satu progam Magister melakukan  “Capaian hasil akreditasi DIII Teknologi Laboratorium Medis atau Kesehatan mendukung upaya Unimus secara kelembagaan untuk meraih akreditasi A. Saat ini Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Unimus masih B yang diharapkan pada tahun 2019 bisa dinaikkan menjadi A. Untuk itu perlu dukungan dari seluruh aspek termasuk program studi yang ada salah satunya dengan memperbanyak prodi yang terakreditasi A” tegasnya.

Reportase UPT Kehumasan dan Keprotokoleran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *