Semarang | dalam rangka peringati Hari UlangTahun atau Dirgahayu ke 78 Tahun Republik Indonesia, Universitas Muihammadiyah Semarang laksanakan Upacara Bendera dihalam Kampus, dengan dihadirioleh Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd) para Wakil Rektor, Kepala Lembaga, Ketua Biro dan jajaran Pimpinan serta diikuti oleh seluruh Sivitas Kademika di lingkungan kampus Unimus.

Memberikan amanat inspektur Upacara, Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd., memaparkan sambutan dengan tema kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 pada tahun ini adalah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” bahwa dari para pendahulu bangsa, kita belajar bahwa kemerdekaan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Kemerdekaan Indonesia tidak dihadiahkan oleh bangsa asing, tetapi dipertaruhkan dengan seluruh jiwa dan raga. Perjuangan itu masih kita teruskan sampai hari ini dengan Merdeka Belajar yang telah kita gerakkan selama empat tahun terakhir.

Layaknya perjuangan untuk memperoleh kemerdekaan Republik Indonesia, Merdeka Belajar juga digerakkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan semangat gotong royong. Kolaborasi dalam menghadirkan transformasi telah melahirkan banyak perubahan terbesar dalam perjalanan dunia pendidikan di Indonesia.

Dengan implementasi Kurikulum Merdeka, para peserta didik dan para pendidik kita sekarang telah merasakan keleluasaan dalam belajar dan memengajar , khususnya pada jenjang pendidikan tinggi, program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka juga telah berhasil mengubah hidup lebih dari 760 ribu mahasiswa. Kesempatan belajar di luar kampus, baik di industri, di sekolah, sampai di lingkungan masyarakat, memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi generasi muda Indonesia untuk memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara.

Perjuangan dalam menggerakkan Merdeka Belajar dalam empat tahun terakhir semakin menunjukkan pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam sistem pendidikan Indonesia. Untuk terus maju, kita harus terus melaju. Mari melanjutkan semangat para pendahulu kita untuk senantiasa bergerak serentak mewujudkan Merdeka Belajar.

Kontribusi terbaik juga dilakukan oleh segenap sivitas akademika Unimus. Upaya tersebut ditunjukkan dengan pencapaian berbagai prestasi yang telah diraih dosen dan tenaga kependidikan melalui prestasi di bidang catur dharma perguruan tinggi. Usai upacara bendera, Rektor Unimus menyerahkan berbagai penghargaan kepada dosen dan Mahasiswa atas prestasi dan karya terbaiknya. Penghargaan diberikan atas prestasi para dosen Unimus yang memiliki raihan produktivitas publikasi Scopus dan SINTA baik di level program studi maupun fakultas, raihan hak cipta serta paten dosen / paten sederhana status granted. Hal serupapu diraih oleh mahasiswa Unimus yang meraih juara pada lomba dan pertandingan baik dalam level Nasional, Provinsi maupun Internal Kampus.

Pada kesempatan tersebut juga disertahkan penghargaan berbagai kejuaraan dan lomba untuk memperingati MILAD UNIMUS ke-24 dan HUT RI ke-78  yaitu kejuaraan lomba futsal, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja atau pingpong, lomba menghias tumpeng juga lomba paduan suara dan lomba karaoke.

Loading

Leave a Reply