Semarang | Dalam rangka menunjang kegiatan penjaminan mutu pendidikan yang optimal dan system pembelajaran yang maksimal, Program Studi S1 Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) gelar Workshop Peninjauan Kurikulum Outcame Based Education (OBE) Tahap II Kamis (22/8/2024).

Bertempat di ruang A.714 Gedung Kuliah Bersama (GKB) II Jalan Kedungmundu Raya No. 18 Semarang., kegiatan tersebut mengundang narasumber dari Program Studi Teknik Mesin Universitas Diponegoro Dr. Ir. Sulardjaka, S.T., M.T., IPU., ASEAN.Eng., dan dihadiri oleh Dekan (Dr. Ir. Syamsudi Rahardjo, ST., MT., Eng) Wakil Dekan (Dr. Sabhan Kanata, ST, M.Eng), Ketua Program Studi (Muhammad Subri, ST., MT), Dosen dan Sivitas Akademika S1 Tekik Mesin FTIK Unimus.

Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan workshop tersebut adalah untuk sharing dan diskusi tentang kurikulum berbasi OBE. Selain itu juga merujuk pada pentingnya kurikulum OBE pada tingkat perguruan tinggi, sehingga workshop peninjauan kurikulum OBE kembali dilaksanakan pada tahap ke 2 setelah sebelumnya telah dilaksanakan.

Seperti yang sudah diketahui bahwa kurikulum Outcome Based Education (OBE) adalah sebuah sistem pendidikan yang fokus pada capaian pembelajaran, dengan harapan mampu memenuhi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai keadaan sosial, ekonomi dan budaya akademik.
Berikan sambutan, Dekan (Dr. Samsudi Raharjo) menyatakan pentingnya implementasi kurikulum OBE dalam mencapai standar pendidikan tinggi, maka perlu adanya peninjauan tentang penerapan kurikulum OBE ini didalam system Pendidikan yang akan diberikan. “Workshop ini merupakan langkah bagus dan strategis untuk Meninjau dan mengevaluasi kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan perubahan zaman, sehingga nantinya diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan didunia kerja,” ujarnya.

Loading

Leave a Reply