Pembukaan oleh Wakil Dekan FIKKES dan Koordinator tim AGD 118
Pembukaan oleh Wakil Dekan FIKKES dan Koordinator tim AGD 118

Semarang | (30 Agustus – 3 September 2016) Program Studi Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menyelenggarakan pelatihan Basic Trauma & Cardiac Life Support (BT & CLS). Pelatihan yang berlangsung selama lima hari ini diikuti oleh semua mahasiswa ners dengan menghadirkan trainer dari tim Ambulan Gawat Darurat (AGD) 118 Jakarta. Pembukaan dihadiri oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Dr. Tri Hartiti, M.Kes.), Sekretaris Prodi Profesi Ners (Ns. Ernawati, M.Kes.), dan Ketua Panitia (Ns. Machmudah, M.Kep., Sp.Kom.) dan Koordinator pelatihan AGD 118 (Nur Hidayat, S.Kep.)

Wakil Dekan melalui sambutannya menyampaikan bahwa perawat harus mulai mempersiapkan diri dengan menambah bekal kompetensi berdasar keilmuannya, salah satunya yaitu dengan mengikuti pelatihan dasar penanganan kegawatdaruratan. Pelatihan BT&CLS ini diberikan sebagai kompetensi tambahan bagi para mahasiswa dalam penanganan dasar kegawatdaruratan pada kasus jantung dan trauma dan bisa dilanjutkan dengan tahap pelatihan advance untuk kompetensi lanjutan.

Simulasi penanganan kegawatdaruratan
Simulasi penanganan kegawatdaruratan

Pelatihan yang diselenggarakan selama lima hari ini mengandung muatan penanganan kegawatdaruratan yang disebabkan trauma dan masalah jantung. Kegawatdaruratan trauma meliputi trauma thoraks-abdomen, thoraks-spinal, trauma pada anak-wanita-geriatri. Kegawatdaruratan jantung meliputi bantuan hidup dasar, sindrom koroner akut, disritmia, pembacaan EKG, algoritme aritmia lethal dan DC-shock. Peserta diberikan penguatan bukan hanya dalam teori tetapi juga praktek. Bentuk evaluasi kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan menilai kemampuan kognitif dan psikomotor peserta yang akan menentukan keberhasilan dalam mengikuti pelatihan yang akan dilegalkan dengan pemberian sertifikat bagi mereka yang lolos uji.

Praktek
Praktek

(Reportase: UPT Kehumasan & JIPC)

 

Loading