Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

UNIMUS – CALGARY UNIVERSITY JALIN KERJASAMA

Universitas Muhamadiyah Semarang (Unimus) memperkuat kerja sama internasional dengan menggandeng Calgary University of Qatar Rabu (8/10). Kolaborasi tersebut terutama berkenaan penguatan kurikulum, diskusi akademik, mengolah pemikiran terbuka, hingga kuliah umum di dua kampus.

Rektor Prof Dr Djamaludin Darwis dan Dean of The Faculty of Nursing Calgary University Qatar, Kim Chritcley Phd,kemarin,  menandatangani nota kesepahaman sehubungan kemitraan itu. Hadir Wakil Rektor I Nurrahman, Wakil Rektor II Sri Rejeki, Wakil Rektor III Djoko Setyo Hartono, Dekan Fikkes Edy Soesanto, serta Dekan FK Siti Moetmainah.

calgary2

‘’Kerja sama ini sekaligus memperkuat mutu kelembagaan. Dukungan satu sama lain akan sangat mempengaruhi kualitas perkuliahan di dua institusi,’’tutur Djamaluddin. Dia mengakui pola perkuliahan di Qatar sudah sangat maju. Itu juga dikarenakan dukungan sarana prasarana yang dimiliki kampus di negara produsen minyak itu.

Tak salah Unimus mencoba menyerap keunggulan dari mitranya tersebut. Qatar sekaligus dikenal sebagai salah satu negara maju di dunia. Kemajuan itu mendorong modernisasi menyeluruh termasuk di dunia kedokteran dan keperawatan. Banyak yang akan didapat berkenaan transfer teknologi dan keilmuan dari bermitra dengan Calgary University.

Kerja sama kedepan juga akan diikuti program kunjungan guru besar dan para pakar. Mereka yang ahli dalam keilmuan masing-masing dengan mudah bisa berkunjung ke Indonesia memberikan perkuliahan. Demikian pula sebaliknya, pihak Unimus pun dapat memberikan transfer keimuan dengan berkunjung ke Qatar.

calgary1

Wakil Rektor Sri Rejeki mengakui kerja sama ini juga menandakan hubungan baik antara dua negara yang mayoritas penduduknya muslim. Indonesia dan Qatar jauh hari bahkan dikenal memiliki kerja sama diplomatik yang sangat erat. Hubungan itu kian diperkukuh dengan aktivitas akademik Unimus dan Calgary University.

Setelah dilakukan penandatangan MoU, Kim Chritcly juga memberikan kuliah pakar untuk mahasiswa Keperawatan Unimus dengan topik “ How to Apply Evidence-Based Nursing Research in family and Community Nursing, serta menjadi narasumber pada workshop bidang Keperawatan dengan topik “How to Develop Curriculum for Diploma and Bachelor Nursing Education bagi para dosen Keperawatan Unimus pada hari kedua (9/10) kunjungannya di Universitas Muhammadiyah Semarang.

Comments are closed.