• Post author:
  • Post category:Berita

Unimus bekerjasama dengan Korwil I Kwartir Cabang Kota Semarang menyelenggarakan kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML) bagi pembina pramuka. Bertempat di SMP 4 Semarang, kegiatan berlangsung dalam 2 rentang waktu. Tahap pertama berlangsung tanggal 6-8 Maret 2015 dengan fokus pembelajaran konsep dan teori kepramukaan dan tahap kedua tanggal 27-29 Maret 2015 untuk aplikasi praktek kepramukaan.

Majelis pembimbing gugus depan Kota Semarang 05.099/05.100
Majelis pembimbing gugus depan Kota Semarang 05.099/05.100

Ketua Dewan Pembina Gugus Depan Kota Semarang 05.100, Yesika Maya Ocktarani, SS., M.Hum. menyampaikan bahwa kegiatan kursus tersebut diikuti oleh 100 orang peserta dari Korwil I Kwartir Cabang Kota Semarang dengan 19 orang diantaranya merupakan pembina dan Majelis Pembimbing Gugus Depan Kota Semarang 05.099 dan 05.100 dari Unimus. Pembina pramuka Unimus melibatkan dosen dari prodi pendidikan, teknologi pangan, sastra, analis dan staf administrasi. Khusus untuk kegiatan KMD diwajibkan bagi seluruh dosen Program Studi Pendidikan sebagai bekal bagi dosen untuk mendidik mahasiswa calon guru.

Ketua dewan pembina gugus depan Kota Semarang 05.100
Ketua dewan pembina gugus depan Kota Semarang 05.100

Kegiatan kursus dibedakan antara KMD yang berisi mengenai konsep dasar kepramukaan, pola pembinaan di semua golongan pramuka (siaga, penggalang, penegak, pandega) serta praktik berkegiatan tiap golongan. Sedangkan KML lebih menekankan pada pendalaman sesuai peminatan pembina pramuka pada tiap golongan. Pembina pramuka yang telah mengikuti KMD maka harus mengabdikan ilmunya selama 6 bulan untuk kemudian menerima “Surat Hak Bina” dan melaporkan kinerjanya dalam bentuk narakarya. Setelah melewati proses tersebut maka pembina pramuka diijinkan untuk mengikuti KML sesuai peminatan pembinaan pada golongan tertentu.

Kontingen Unimus
Kontingen Unimus

Unimus berharap dalam jangka waktu kedepan setelah mengikuti kegiatan KMD dan KML tersebut maka pembina pramuka dari Gugus Depan Kota Semarang 05.099 dan 05.100 Unimus selain membina pramuka di wilayah civitas akademika juga dapat mengembangkan diri untuk melakukan pembinaan kegiatan pramuka di sekolah-sekolah sekitar wilayah binaan Unimus.

 

Loading