Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

FMIPA Unimus Kerjasama dengan HEPI UKD Jateng Gelar Webinar Nasional

Semarang (13/06/2020) Bertempat di Aula lantai 7 gedung Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam gelar kegiatan Webinar Nasional pada Sabtu (13/06/2020). Webinar bekerja sama dengan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia Unit Kerja Daerah Jawa tengah (HEPI UKD JATENG). Dimoderatori oleh dekan FMIPA Unimus (Dr. Eny Winaryati, M.Pd) Webinar Nasional dihadiri oleh Kepala HEPI UKD Jateng (Prof. Dr. Kartono, M.Si) dan dibuka oleh Rektor Unimus (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd), dengan keynote speaker Prof. Kumaidi, Ph.D (Guru Besar Bidang Psikometrika Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Webinar menghadirkan tiga narasumber pakar yaitu Prof. Dr. Fakhruddin M.Pd (Rektor Universitas Panca Sakti Tegal), Prof. Dr. Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni, M.A. (Guru Besar Bidang Asesmen Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Bali). Mengusung tema “Asesmen Pembelajaran di Era New Normal”, webinar Acara tersebut diikuti oleh praktisi tenaga pendidik yang berasal dari penjuru Indonesia dengan total partisipan lebih dari 2000 partisipan secara online.

Rektor Unimus Prof. Masrukhi dalam sambutannya menyampaikan dalam sambutannya bahwa Asesmen Pembelajaran di era New Normal ini merupakan hal yang sangat penting, karena pembelajaran di dalam New Normal bisa disamakan dengan pembelajaran sistem Daring (dalam Jaringan) atau Learning From Home. “Kasus yang sering dijumpai pada sistem pembelajaran online ini adalah banyaknya tenaga pendidik yang salah menpersepsikan  arti dari pembelajaran di rumah atau daring dengan hanya memberikan tugas  – tugas, sehingga memicu tingkat kesetresan yang tinggi terhadapt siswa maupun mahasiswa” terang Prof. Masrukhi. Beliau meminta yang seharusnya dilakukan ialah menyamaratakan proporsi belajar yang selama ini diberlakuan di dalam kelas. Rektor Unimus yang juga menjadi Wakil Dewan Pendidikan Jawa Tengah menghimbau kepada semua pihak khususnya pada guru, dosen untuk bisa mendukung sistem pembelajaran dari rumah dengan bijak, yang artinya guru atau dosen memberikan proposional tugas 80 % Menjelaskan materi belajar secara daring, dan 20 % Pemberian tugas.

Himbauan kepada Orang Tua Murid agar bijak dalam mengarahkan anak dalam belajar, tidak terlalu banyak tuntutan terhadap anak. Ciptakan kondisi dan suasana di rumah dengan kondusif dan menyenangkan, sehingga himbuan pemerintah untuk stay at home bisa berjalan dengan baik demi untuk mencegah dan memutus rantai penularan Covid – 19 yang sedang mewabah di Indonesia bahkan di dunia. Dengan menciptakan keadaan yang nyaman maka akan memicu kepercayaan diri, mengembangkan inspirasi, sehingga belajar anak – anak bisa berlangsung dengan baik. Prof. Masrukhi juga meminta kepada pemerintah agar bisa memberikan sarana akses internet yang baik kepada masyarakat luas, agar mempermudah proses belajar mengajar dari rumah.

Reportase UPT Kehumasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *