Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

FBBA BEKERJASAMA DENGAN UPT PERPUSTAKAAN UNIMUS DUKUNG PUBLIKASI KARYA TULIS MELALUI WEBINAR

Semarang | Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) bekerjasama dengan UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) adakan Webinar “Utilizing Reference Manager to Foster Scientific Article and Citation”, online streaming zoom dengan dihadiri Dekan (Muhimatul Ifadah, M.Pd), Kaprodi dan Dosen FFBA, Kepala UPT Perpustakaan (M. Firdaus CN, S.Hum.) beserta staff. Dengan narasumber Dr. Dodi Mulyadi, M.Pd. (Dosen FBBA Unimus), Arbaim, S.Pd., M.Pd., (Medeley Advisor / Dosen Universitas Widya Gama Mahakam). Diikuti oleh 476 peserta dari berbagai kalangan akademisi, termasuk dosen dan mahasiswa dari penjuru Indonesia.

Tujuan diadakan Webinar tersebut adalah sebagai acuan yang digunakan untuk membahas tentang pentingnya penggunaan reference manager dalam penulisan karya ilmiah. Selain itu Penggunaan aplikasi – aplikasi pengelola referensi seperti Mendeley sangat berguna bagi peningkatan kualitas dan aksesibilitas tulisan – tulisan ilmiah, utamanya dalam peningkatan sitasi. Data menunjukkan bahwa baik dosen ataupun akademisi, sebagian besar belum mampu menggunakan reference manager dalam mengoptimalkan karya yang telah dibuat.  Sebagai akibatnya, banyak karya tulis yang secara content menarik, tetapi tidak mampu memenuhi kualifikasi yang diminta oleh pihak penerbit.

Sementara dekan  menyampaikan dengan dasar data yang telah diperoleh tersebut dan sebagai acuan referensi, maka Fakultas Bahasa dan Budaya Asing bekerjasama  dengan UPT Perpustakaan Unimus berupaya memfasilitasi akademisi, khususnya dosen dengan memberikan pengetahuan dan pengalaman dengan pemanfaatan berbagai  tehnik dalam memanfaatkan reference manager untuk mendukung publikasi karya tulis yang telah di hasilkan, Memaparkan best practices yang dapat dimanfaatkan untuk memperkaya pengetahuan dosen khususnyadalam memenuhi tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dijalankan sebagai tenaga pendidik. Selain itu, akan disampaikan pula bagaimana teknologi dan metodologi yang dapat berdampingan untuk mengoptimalkan karya tulis yang dimiliki oleh dosen, khususnya dalam membantu pempublikasian di media masa maupun dalam bentuk buku, sehingga akan berguna dan b ermanfaat bagi mahasiswa maupun khalayak umum dalam menentukan referensi penulisan sebuah karya tulis yang sesuai dengan aturan dan kaidah yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *