• Post author:
  • Post category:Berita
Sambutan Rektor
Sambutan Rektor

UNIMUS | SEMARANG | Sabtu (02/05/2015) Memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2015 ini Unimus berpartisipasi dengan mengadakan upacara bendera dan seleksi akademisi berprestasi bagi civitas akademika Unimus. Upacara bendera yang dilaksanakan dengan khidmat tersebut dipimpin oleh Rektor Unimus, Prof. Djamaluddin Darwis, MA. dan dihadiri oleh civitas akademika Unimus. Melalui upacara tersebut beliau membacakan sambutan yang disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Prof. Mohamad Nasir).

Dalam sambutannya, Menteri menekankan bahwa menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean maka aliran barang, tenaga kerja terampil, dan investasi antar negara ASEAN menjadi lebih bebas. Disisi lain tuntutan masyarakat terhadap perguruan tinggi meningkat. Dalam situasi seperti itu tampaknya tepat untuk memperingati hari pendidikan nasional tahun 2015 di lingkungan perguruan tinggi dengan tema“Dengan Hari Pendidikan Nasional,Kita Tingkatkan Mutu Pendidikan Tinggi, Riset dan Inovasi untuk Mendukung Daya Saing Bangsa”untuk mengingatkan kita semua betapa meningkatkan mutu pendidikan tinggi, riset dan inovasi untuk meningkatkan daya saing bangsa. Telah banyak usaha yang telah dilakukan pemerintah dan perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi.

Upacara bendera
Upacara bendera

Penyusunan Undang-Undang PendidikanTinggi tahun 2012 dan Peraturan Pemerintah turunannya, penyusunan dan penetapan Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pemberian BOPTN, yang setiap tahun semakin meningkat, dan pembentukan Perguruan Tinggi Badan Hukum adalah diantara usaha-usaha yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Disisi lain perguruan tinggi juga sudah banyak melakukan usaha-usaha peningkatan mutu pendidikan tinggi diantaranya melalui pembangunan laboratorium, peningkatan kualifikasi dosen dan tenaga kependidikan, implementasi sistem penjaminan mutu internal, penerapan remunerasi berbasis kinerja, peningkatan penelitian,publikasi internasional, dan HAKI. Meskipun demikian secara nasional masih banyak yang harus diperjuangkan untuk mencapai sasaran mutu pendidikan tinggi. Jumlah perguruan tingi yang masuk 500 perguruan tinggi terbaik dunia,peningkatan jumlah publikasi yang masuk indeks bereputasi, jumlah perguruan tinggi yang terakreditasi unggul, jumlah program studi yang terakreditasi unggul, dan jumlah program studi yang terakreditasi. Hal-hal tersebut pula yang masih terus diupayakan oleh Unimus untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi.

Penyerahan penghargaan kepada salah satu peserta seleksi akademisi berprestasi
Penyerahan penghargaan kepada salah satu peserta seleksi akademisi berprestasi

Guna mencapai upaya tersebut maka masih dalam rangka memperingati Hardiknas tahun 2015 ini, Unimus mengadakan seleksi akademisi berprestasi bagi civitas akademika Unimus. Dengan meningkatkan prestasi kerja para akademisi diharapkan menjadi upaya peningkatan kualitas pendidikan dan layanan yang diberikan Unimus. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa, ketua program studi, serta tenaga administrasi. Berdasar hasil seleksi diperoleh hasil sebagai berikut:

Jenis seleksi Pemenang
Ketua program studi berprestasi Dr. Sayono, SKM., M.Kes.(epid.)
Dr. Enny Winaryati, M.Pd
Siti Aminah, STP., M.Si.
Mahasiswa berprestasi Irfanul Chakim
Amelia Kartikawati
Eva Anis Shofiah
Administrasi akademik berprestasi Siti Munawaroh, A.Md.
Ndari Puryanti, A.Md.
Retno Hastuti, A.Md.,M.Hum.
Pustakawan berprestasi M. Firdaus Charis Nursecha, S.Hum.
Fathur Rifqi Masrochan, A.Md.
Vina Melati, A.Md.
Pengelolaan keuangan berprestasi Novi Andini Rosyid, A.Md.
Sella Devioktaviani, A.Md., SE.
Rasmini, SE

Semoga hal ini dapat menjadi motivasi bagi akademisi lain di Unimus untuk meningkatkan prestasinya sebagai bentuk peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan Unimus.

Loading