Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

4 DOSEN FMIPA UNIMUS MENGAJAR DI UPSY MALAYSIA MELALUI KULIAH ONLINE

Semarang | disiarkan langsung dari lantai 1 ruang 103 Kampus dua, empat dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melangsungkan kegiatan kuliah online terhadap Mahasiswa dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Sultan Idris (FMIPA UPSI) Malaysia pada Rabu (29/07/2020). Kegiatan kuliah online tersebut diisi oleh dekan FMIPA Unimus (Dr. Eny Winaryati, M.Pd.) beserta dengan dosen FMIPA lainnya yaitu  Eko Yulianto, M.Pd., (Dosen Pendidikan Kimia FMIPA Unimus), Venissa Dian Mawarsari, M.Pd.,(Dosen Pendidikan Matematika FMIPA Unimus), dan Andari Puji Astuti, M.Pd (Dosen Pendidikan Kimia FMIPA Unimus) dengan dipandu moderator Assoc. Professor. Dr. Mazlini Adnan (Dosen FMIPA UPSI Malaysia), diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Pendidikan Sultasn Idris Malaysia.

Dekan FMIPA Unimus dalam memberikan Materi Perkuliahan Online kepada Mahasiswa UPSI Malaysia

Kegiatan kuliah online tersebut terselenggara karena merupakan salah satu agenda yang telah di rancang dan merupakan kelanjutan dari kegiatan kunjungan yang telah dilaksanakan FMIPA Unimus terhadap UPSI Malaysia sebelum pandemic Virus Covid – 19 menjangkit di dunia khususnya di Indonesia dan Malaysia. Dekan menyampaikan bahwa dosen mengajar secara online di UPSI merupakan salah satu peluang yang bagus untuk FMIPA unimus untuk lebih maju dan mengembangkan kualitas dari pengajar atau dosen di kancah internasional di era pandemic seperti sekarang ini. Selain itu Dr. Eny Winaryati juga sampaikan dampak positif dari adanya pandemic Covid – 19 dosen FMIPA Unimus bida memberikan materi perkuliahan  secara Online tanpa harus bertatap muka dengan para mahasiswa. Hal tersebut jelas lebih efisien melihat dari perkembangan jaman di era modern  yang seba digital sekarang ini, dan merupakan wujud dari pemanfaatan perkembangan teknologi digital. Selain itu dekan berharap dengan adanya empat dosen yang mengajar di Universitas luar khususnya di UPSI Malaysia yang sudah setara Internasional  bisa memberikan pengalaman baru terhadap mahasiswa asing secara langsung memlaui Daring atau Dalam Jaringan, mampu memberikan pelajaran dan best practice kepada mahasiswa UPSI sebagai calon guru yang akan turun ke sekolah – sekolah di Malaysia tentunya, sehingga bisa mahasiswa bis amengetahui seperti apa sebenarnya Teaching Practice yang dikembangan di Indnesia khususnya di Fakultas MIPA Unimus.

Peseta Kuliah Online

Sementara itu kegiatan tersebut juga sebagai bekal bagi mahasiswa pendidikan untuk terjun ke sekolah sehingga sangat memungkinkan untuk melakukan student exchange setelah dan  bisa terlajin komitmen lanjutan terhadap FMIPA Unimus dengan FMIPA UPSI Malaysia , seperti pertukaran mengajar yang dilakukan oleh mahasiswa FMIPA Unimus yang mengajar di Sekolah – skeolah yang ada di Malaysia dan sebaliknya Mahasiswa FMIPA UPSI Malaysia yang mengajar di Skeolah – sekolah yang ada di Indonesia khususnya di kota Semarang dan sekitarnya. Selain kegiatan kuliah online yang telah dikerjakan ada beberapa yang telah dikerjakan sebelumnya seperti Teaching Practice, Stady Exchange, Dosen Exchange, Riset Collaboration, Article Collaboration dan telah menghasilkan 6 artikel penelitian kolaborasi dengan UPSI yang telah memasuki tahap evaluasi dan 3 artikel yang merupakan hasil dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Reportase Kehumasan Unimus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *