Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Focus Group Discussion (FGD) Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) S1 Pendidikan Matematik

Semarang | seiring dengan dikeluarkannya peraturan MENDIKBUD RI No. 3 tahun 2020 tentang standar nasional Pendidikan tinggi, maka program studi dalam sebuah Universitas sudah harus mulai mempersiapkan diri dalam merespon konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang sering disebut MBKM yang diterapkan di semua Perguruan Tinggi tak terkecuali pada Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Semarang.

Penjelasan dan pemaparan Materi dipandu oleh moderator

Melihat dari hal tersebut dan sebagai langkah mengikuti aturan yang berlaku Prodi S1 Pendidikan MAtematika Unimus selenggarakan Forum Group Discution (FGD) pada Senin (14/09/2020) bertempat di kampus 2 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dengan Narasumber Vinessa Dian Mawarsari, S.Pd.M.Pd. (Kaprodi S1 Pendidikan Matematika), Eko andy purnomo, M.Pd. (Dosen S1 Pendidikan Matematika), dengan dihadiri oleh kepala LP3M (Dr. Eddy Soesanto, S.Kep., M.Kes., yang sekaligus membuka acara, Dekan (Dr. Eny Winaryati, M.Pd.) Dosen dan segenap Sivitas Akademika Program Sstudi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unimus, serta diikuti oleh Dosen, Praktisi atau steak holder yang berasal dari unsur Dinas  Provinsi, Dinas Kota Semarang, Majelis Dikdasmen PWM Jateng, Kepala Sekolah mitra baik Negeri maupun Swasta di kota Semarang, Alumni, dan Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Unimus.

diadakannya kegiatan tersebut adalah pada dasarnya merupakan prinsip utama kurikulum MBKM sebagai syarat kesiapan program studi untuk menfasilitasi setiap mahasiswa untuk memiliki kesempatan belajar selama 1 semester atau setara dengan dua puluh SKS menempuh pembelajaran di luar program studi pada perguruan yang sama, dan paling lama 2 semester atau setara dengan 40 SKS menempul pembelajaran pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda, dana tau pembelajaran di luar perguruan tinggi asal. Beranjak dari prinsip tersebut alangkah baiknya Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unimus untuk segera berbenah diri dengan merespon lebih cepat program MBKM untuk dirancang dan diimplementasikan pada proses perkuliahan. Strategi yang dibutuhkan sebagi langkah awal adalah dengan melaksanakan FGD tersebut guna untuk menerima masukan dan pandangan mengenai kurikulum S1 Pendidikan Matematika Unimus sebagai respon dalam perkebangan ilmu di masyarakat dan dunia kerja.

Peserta FGD mengikuti acara melalui ZOOM Meeting

Kaprodi menyampaikan tujuan diadakannya FGD tersebut adalah untuk memperoleh masukkan informasi  dari User dan Steak Holder, Alumni serta mitra dalam penyempurnaan kurikulum MBKM khususnya pada Pendidikan Kimia Unimus, selain itu untuk memperoleh kesepakatan dalam pemyempurnaan kurikulum MBKM pada S1 Pendidikan Matematika, dan Kesepakatan dalam penerapan Permendikbud No. 30 tahun 2020 terutama pada Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) sebagai Mata Kuliah Prodi.

Dekan juga menyampaikan kegiatan FGD tersebut terkait dengan penyusunan kurikulum MBKM khusunya pada FMIPA Unimus yang baru – baru ini mendapatkan 2 hibah MBKM pada prodi S1 Pendidikan Kimia dan S1 Pendidikan Matematika, sehingan dengan diadakannya FG tersebut sebagai kelanjutan kegiatan diskusi – diskusi kecil yang telah dirumuskan untuk memberikan masukan sesuai dengan konsep MBKM, dimana sitem kuliah yang tidak seluruhnya dilaksanakan di Unimus, dan memeberikan kesempatan mahasiswa untuk seluas – luasnya belajar dan mengikuti serta mendalami pemdidikan. Selain itu dekan juga menhambahkan ada 8 kriteria yang bisa dioptimalkan dalam proses belakae pada MBKM khususnya bagi Mahasiswa untuk mendapatkan pembelajaran dilapangan, baik praktik maupun dalam  bidang ketrampilan. Harapannya dengan adanya program MBKM yang diterapkan bisa mendukung mahasiswa untuk belajar serta mengerjakan pekerjaan sesuai dengan pasiion, minat dan bakat, sehingga bisa memaksimalkan diri dalam menyelesaikan permasalahan sesuai dengan orientasi yang sesua dengan mentri Pendidikan Indonesia, tak terkeculai pada Prodi S1 pendidikan Matematika Unimus yang dalam hal tersebut sedang melakukan rancangan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat ataupun mahasiswa.

Dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka/MBKM kedepannya harapnannya mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Matematika Unimus sudah bisa mengambil kuliah di Program Studi Pendidikan Matematika pada kampus lain di Indonesia, bahkan bisa kuliah di Prodi yang berbeda pada kampus berbeda, hal ini agar wawasan dan cara pandang mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Unimus makin terbuka menghadapi globalisasi di era digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *