Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Gandeng UPSI, Prodi S1 Pendidikan Kimia Unimus Gelar Visiting Lecture secara Daring

Semarang | Prodi S1 Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), kembali menggelar program visiting lecture, yang digelar secara daring di kampus Kedungmundu 2 Unimus Semarang ke mahasiswa semester III Fakulti Sains and Mathematics (FSM) Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia, pada Selasa (22/9/2020). Acara dibuka Dekan FMIPA Unimus Dr Eny Winaryati MPd ini melibatkan 3 dosen S1 Pendidikan Kimia FMIPA Unimus yaitu Fitria Fatichatul Hidayah S.Si. M.Pd.  yang juga Kaprodi S1 Pendidikan Kimia, Dr Endang Tri Wahyuni Maharani M.Pd dan Dra Yusrin M.Pd. Mereka mengajar mata kuliah Basic Chemistry 2 bertopik “Acid Base Equilibria “, mata kuliah yang juga diampu oleh Dr. Aisyah binti Mohamad Sharif (dosen Jurusan Kimia FSM UPSI) yang sekaligus juga sebagai moderator visiting lecture.

3 Dosen Kimia Unimus mengajar Mahasiswa FSM UPSI secara Daring dalam Visiting Lecture

“Berbeda dengan visiting lecture sebelumnya, pada kegiatan hari ini, tidak hanya sekedar paparan dari pembicara, namun lebih komunikatif. Jadi active learning, ada tanya jawab yang disampaikan antara pemateri dengan mahasiswa peserta,” papar Dekan FMIPA Unimus (Dr. Eny Winaryati, M.Pd.).  Dekan FMIPA Unimusjuga menjelaskan, sebelum kegiatan dilaksanakan, pihak Prodi S1 Pendidikan Kimia FMIPA Unimus terlebih dahulu mengirimkan materi video pembelajaran atau materi kepada mahasiswa UPSI , yang kemudian akan disampaikan dan dibahas bersama pada kegiatan visiting lecture. “Video pembelajaran atau materi ini kemudian dikirimkan kepada para mahasiswa, untuk dipelajari. Hal-hal apa yang belum mereka pahami, kemudian disampaikan pada kegiatan visiting lecture. Jadi kegiatan ini bersifat aktif, komunikatif,” imbuh Dekan FMIPA Unimus. Hal senada juga disampaikan, Kaprodi S1 Pendidikan Kimia Unimus Fitria Fatichatul Hidayah, S.si.,M.Pd. Dijelaskan, kegiatan visiting lecture tersebut untuk memperdalam pemahaman materi, dari video pembelajaran yang sudah dikirimkan pihaknya ke UPSI Malaysia

Mahaiswa UPSI peserta Visiting Lecture Oleh Pendidikan Kimia Unimus

Selain itu Dekan FMIPA Unimus Dr. Eny Winaryati M.Pd., menyampaikan kegiatan visiting lecture ini berawal dari kerjasasama antara FMIPA Unimus dengan FSM UPSI Malaysia yang sudah cukup lama berlangsung. Bagi FMIPA Unimus, visiting lecture ini kali ke-4 dilakukan untuk UPSI dan kali ke 2 dilakukan dosen S1 Pendidikan Kimia FMIPA Unimus ke UPSI. “Tiga dosen Kimis FMIPA yang mengajar ke UPSI hari ini sebetulnya sudah melakukan diskusi dengan dosen pengampu mata kuliah di UPSI terkait materi, topik, metode dan lain lain yang akan diajarkan. Kemudian 3 dosen Kimia FMIPA Unimus ini membuat video pembelajaran dan di-share ke para mahasiswa UPSI seminggu lalu. Sehingga kuliah hari ini sebagai tindak lanjut, latihan soal dan diskusi, pendalam dan pengayaan materi”Ujar Dekan.

Fitria Fatichatul Hidayah S.Si. M.Pd. Dosen Sekaligus Kaprodi S1 Pendidikan FMIPA Unimus menyampaikan Materi

Materi Visiting Lecture kalini mengambil tema  tentang “Acid Base Equilibra”, berupa mata kuliah Kimia Dasar 2. Pemilihan berdasarkan pertimbangan, kemungkinan aplikasinya di kehidupan sehari-hari di Malaysia, berbeda dengan di Indonesia, sehingga mahasiswa UPSI bisa lebih paham, tentang penerapan materi Acid Base Equilibra di Indonesia, kata Kaprodi Pendidikan Kimia. Ditambahkan, pada kegiatan visiting lecture selanjutnya, para dosen UPSI akan menjadi dosen tamu bagi mahasiswa FMIPA Unimus. “Jadi bergantian, kalau sekarang kita yang mengajar di UPSI,” jelasnya.

Kerjasama antara UPSI Malaysia dan FMIPA Unimus, khususnya S1 Pendidikan Kimia, tidak hanya sebatas pada akademik pembelajaran, namun juga penelitian  dan menulis jurnal internasional bersama yang dilakukan secara bertahap guna untuk meningkatkan kompetensi bersama. Selain jalin kerja sama dalam bentuk Visiting Lectur dan juga penelitian serta penulisan Jurnal FMIPA Unimus juga sedang menjajaki kerjasama student exchange atau pertukaran mahasiswa antara kedua perguruan tinggi, namun karena saat ini masih pandemi, dilakukan lewat online. Sementara itu  Selain dengan UPSI, S1 Pendidikan Kimia Unimus juga menjalin kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi lain di luar negeri. Salah satunya, Chulalongkorn University Thailand di bidang small scale laboratory.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *