Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

VISITING LECTURE STRATEGI SUKSES STUDI BIDANG EINGENEERING

Semarang | Rabu (21/10/2020) bertempat di aula lantai 3 gedung Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang diselenggarakan kegiatan Visiting Lectur dengan mengambil tema “Strategi Sukses Studi Bidang Eingeneering” secara Daring (dalam Jaringan). Kegiatan tersebut harapannya bisa memberikan motivasi kepada peserta khususnya pada mahasiswa untuk tetap semangat untuk selalu berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran selama perkuliahan, khususnya pada kondisi sekarang ini yang masih adanya penularan wabah covid – 19. Kegiatan dihadiri oleh Dekan (Dr. R.M. Bagus Irawan Widyawardana, M.Si., IPM.), Kaprodi S1 Teknik Mesin, S1 Teknik ELektro dan S1 Informatika, Dosen dan sivitas akademika di lingkungan Fakultas Teknik Unimus, serta diikuti oleh 250 peserta yang terdiri dari Mahasiswa, para Siswa lulusan SMA / SMK dan juga umum.

Dekan (Dr. R.M Bagus Irawan W., M.Si., IPM) membuka kegiatan Visiting lecture

Berkaitan dengan tema yang diangkat, maka menghadirkan Narasumber yang berkompeten dalam bidang tersebut yaitu Marwan Effendi, M.Eng., Ph.D Wakil Direktur Program Pascasarjana Universitas Muhamamdiyah Surakarta. Tujuan adanya kegiatan Visiting Lecture tersebut adalah langkah untuk mengejar dimana semakin pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan akan teknologi yang membutuhkan penguasaan ilmu secara cepat, efektif dan efisien. Harapan dengan diadakannya visiting lecture tersebut adalah agar bagi siapa saja khususnya bagi lulusan SMA / SMk dan sederajatnya yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan mengambil bidang teknik, sudah bisa mendaptkan bekal awal sehingga bisa menghasilkan mahasiswa yang sudah berpegang pada ilmu yang sudah didapatkan.

Penyampaian Materi Oleh Marwan Effendi, M.Eng., Ph.D

Visiting Lecture merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh fakultas teknik selama ini, terkait dengan tema yang diangkat sukses studi banding di bidang teknik dekan menyampaikan bahwa butuh ketekunan, pemahaman secara terkonsep baik secara kuantitatif ataupun kualitatif termasuk dalam perhitungan matematika, akan tetapi hal tersebut menjadi momok dan sering menjadi hambatan bagi para mahasiswa, utamanya pada bidang Teknik. Sehingga jika dilihat dari permasalahan yang sering terjadi maka dengan diadakannya kegiatan Visiting Lecture tersebut menjadi hal yang tepat dan sangat penting bagi mahasiswa, sehinga harapannya setelah dari kegiatan tersebut peserta akan memahami apa dan bagaimana strategi untuk meraih kesuksesan dalam belajar pada bidang eingineering atau bidang teknik, kata Dekan Fakultas Teknik saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka kegiatan.
Disamping itu dengan didatangkannya narasumber yang berkompeten, bisa memberikan pengalaman dan pemahaman terkait kiat belajar dalam bidang teknik, sehingga peserta khususnya pada Mahasiswa teknik bisa tertarik dan mau untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Sementara itu dekan juga berpesan dan memiliki harapan kepada mahasiswa teknik bahwasanya ketika sudah lulus dalam menempuh pendidikan ada baiknya untuk keluar dari zona nyaman yang artinya mau untuk bekerja dan berkarir diluar domisili yang selama ini ditempati, baik itu di dalam negeri ataupun di luar negeri tentunya pada Negara – Negara yang sudah memberikan ijin dan sudah mendatangani pakta integritas memperbolehkan tenaga asing untuk berkerja di Negara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *