Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

PERAN DAN KONTRIBUSI TEKNIK ELEKTRO DALAM MENANGANI WABAH COVID – 19 MELALUI KULIAH DOSEN PAKAR

Semarang | Program Studi S1 Teiknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) selenggarakan kegitaan Seminar Online, Kuliah Dosen Pakar pada Selasa (3/11/2020) bertempat di Aula lantai tiga Gedung Kampus 4 . Dihadiri oleh Dekan sekaligus sebagai welcome speech (Dr. R.M. Bagus Irawan Widyawardana, M.SI., IPM.), Kaprodi (M. Toni Prasetyo, ST., M.Eng.), Dosen S1 Teknik Elektro dan Sivitas akademika Fakultas Teknik Unimus.  Diikuti oleh lebih dari 200 peserta yang terdiri dari Mahasiswa Teknik Elektro Unimus, Praktisi, dan Umum dari berbagai lokasi di Indonesia.

Tidak dipungkiri bahwa saat ini semua negara khususnya Indonesia sedang menghadapi dan berada pada masa pandemic Covid – 19 yang tidak pernah dikira – kira sebelumnya. Covid – 19 sendiri merupakan wabah dengan penularan yang sangat cepat dan menimbulkan banyak beban secara global, serta memicu dampak yang sangat berarti bagi banyak aspek kehidupan dan menyebabkan peralihan kebiasaan baru (New Normal).  Dari hal tersebut sangat wajar apabila banyak inisiator yang dilakukan untuk mencegah dan mengatasi wabah tersebut, selain upaya yang dilakukan dibidang kesehatan itu sendiri. Akan tetapi dalam faktanya, sebenarnya penanganan Covid – 19 melibatkan banyak disiplin ilmu yang berbeda, tak terkecuali pada Teknik Elektro.

Menyinggung hal tersebut dan mengenai kontribusi Teknik Elektro dalam penanganan wabah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan diantaranya pada penyediaan Ventilator dan Robot yang memberikan pelayanan medis terhadap pasien. Akan tetapi apakah dua hal tersebut saja yang dapat dilakukan kontribusi bidang Teknik Elektro dalam penanganan wabah?. Maka tertarik untuk menjawab hal tersebut, Program Studi S1 Teknik elektr0, Fakultas Teknik Unimus menggagas acara seminar online Kuliah Dosen Pakar dengan mengangkat tema “ Kontribusi Teknik Elektro dalam penanganan Covid – 19, dengan menghadirkan Narasumber yang sudah berkompeten dalam bidang Teknik Elektro salah satunya dalam penanganan wabah Covid -19 yaitu Muhammad Facta, ST., MT., Ph.D ( Ketua Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas DIponegoro Semarang) dimoderatori oleh Achmad Solichan, ST., M.Kom (Dosen S1 Teknik Elektro Unimus), dengan harapan bahwa setelah dilaksanakan kegiatan tersebut bisa lebih banyak lagi menciptakan ide – ide dan gagasan dalam menangani COvid – 19.

Sementara itu Dekan menyampaikan bahwa kegiatan Seminar online kuliah dosen pakar tesebut merupakan program rutin yang bertujuan untuk peningkatan kualitas suasana akademik kampus, serta sebagai pengembangan penalaran bagi mahasiswa khusunya pada Fakultas Teknik Unimus, dengan salah satunya digelar kegiatan kuliah dosen pakar tersebut. Dimana kegiatan tersebut diambil dari beberapa dosen yang memiliki kepakaran tertentu sesuai dengan bidang yang dikuasai, khususnya pada bidang Teknik Elektro. Selain itu senada dengan penryataan diatas Dekan menambahkan bahwa pemilihan tema disesuaikan dengan kondisi yang sedang update, yaitu terkait dengan masalah penanganan Covid – 19, dimana pada saat sekarang ini masih dalam situasi kondisi yang membtuhkan perbaikan dan ruang gerak yang terbatas, sehingga harus tetap mematuhi protocol kesehatan ketat.

Terkait dengan kuliah dosen pakar harapannyanya adalah menginginkan bagaimana sebetulnya peran bidang Teknik Elektro terhadap kontribusi dalam hal penanganan Covid – 19, selain itu juga pada Prodi Teknik Elektro mempunyai peran dalam ikut berkontribudi menangani wabah yang maish menjangkit, tutup Dekan dalam memberikan Sambutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *