Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Tingkatkan Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa melalui Evaluasi dan Bedah PKM 2020

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (DirJen BELMAWA) . yang  berupaya meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan dan dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif. Mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, dan membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. Ada 5 bidang yang ditawarkan dalam kegiatan PKM diantaranya PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), dan PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I).

Didalam proses pembelajaran sebuah perguruan tinggi diharapkan bisa mencetak Mahasiswa dan Lulusan yang memiliki kemampuan pendukung selain selain dalam bidang akademik, yaitu  academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill.dengan memiliki empat skill tambahan tersebut maka perguruan tinggi akan menghasilkan mutu Mahasiswa dan lulusan yang memiliki ketrampilan juga kemahiran yang saling bersinergi sehingga akan menciptakan lulusan yang mempunyai kecepatan dan ketepatan dalam menyelesaikan persoalan dan tantangan yang didalam kehidupan bermasyarakat maupun didalam dunia pekerjaan. Selain itu dengan kemampuan tambahan mahaasiswa dan lulusan juga diharapkan memiliki berperilaku dan pemikiran yang bersifat bersifat konstruktif realistic yang memiliki artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan. Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Oleh karena, kreativitas merupakan jelmaan integratif 3 (tiga) faktor utama diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan dan keterampilan. Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, presepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar optimal sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Dari hal diatas maka Universitas Muhammadiyah Semarang adakan kegiatan Workshop dan Pedampingan dalam Penyusunan PKM, Evaluasi & Bedah Panduan PKM 2020 dengan mengusung tema “Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi guna Mengembangkan Sumber daya Manusia Unggul” dengan tujuan mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan dan berjiwa mandiri, pada Sabtu (10 & 17 / 11 / 2020). Program Evaluasi & Bedah Panduan PKM tersebut juga  sebagai sarana untuk mengevaluasi proposal yang telah dikirmkan Mahasiswa pada tahun 2020 dan bedah panduan untuk persiapan PKM 2021. Hal tersebut dilaksanakan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreatifitas dan inovasi yang berlandaskan pada penguasaan sains dan teknologi serta berbasis keislaman.

Tujuan diadakannya kegiatan Workshop PKM adalah Meningkatkan kualitas mahasiswa di perguruan tinggi khususnya Universitas Muhammadiyah Semarang agar dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan dan meyebar luaskan ilmu  pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Melaksanakan tugas sebagai agent of change dengan mengeluarkan  potensi yang dimiliki dan menuangkannya secara ilmiah, sehingga  bermanfaat untuk civitas akademika maupun masyarakat luas. Mempersiapkan mahasiswa untuk menuangkan inovasi, gagasan dan meralisasikan ide yang dimiliki ke dalam Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).  Dan menghasilkan Proposal PKM yang berkualitas sehingga didanai pada tahun 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *