Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Pelatihan High Pressure Liquid Chromatography (HPLC) bagi Tenaga Laboran

Semarang | Laboratorium Penelitian dan Hewa Coba Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) gelar pelatihan High Pressure Liquid Chromatography (HPLC) bagi tenaga laboran pada Kamis (7/1/2021) bertempat di Gedung Laboratorium Penelitian dan Hewan Coba.

Tujuan diadakannya pelatihan adalah untuk memberikan sebuah pembelajaran dan menambah ilmu serta kemampuan kepada laboran, selain itu juga di ajarkan bagaimana cara dalam pengoprasian alat HPLC yang sudah ada secara maksimal, sehingga menghasilkan outcam yang baik bagi penelitian yang sudah dijalankan.

Dari pengertiannya sendiri HPLC merupakan salah satu metode Analisa kromatologi cair dimana lebih banyak cara distribusi fasa untuk melakukan pemisahan yang melibatkan beberapa kelompok zat terlarut. Sehingga pada dasarnya prinsip kerja HPLC adalah distribusi komponen oleh fasa diam dan fasa gerak, dimana fasa gerak berupa cairan dan fasa diam berupa padatan yang ada didalam kolom. Maka keberhasilan proses pemisahan menggunakan HPLC sangat bergantung pada pemilihan jenis kolom dan fasa gerak yang tepat.

Sehingga tujuan diadakan pelatihan tersebut adalah untuk memberikan ilmu dan masukan terhadap pengelola lab supaya bisa memiliki kemampuan dan keahlian dalam menggunakan alat HPLC dengan baik dan tepat. Sementara ketua pelatihan Dr. Ir. Nurrahman, M.Si Dosen teknologi Pangan Unimus, berharap dengan diadakannya pelatihan, selain untuk memberikan keahlian tambahan kepada laboran juga bisa mendapatkan income generative atau pendapatan bagi Unimus dari beberapa Institusi baik dari Unimus sendiri maupun dari luar yang membutuhkan analisis dengan menggunakan alat HPLC, sehingga alat bisa bermanfaat secara maksimal. Selain itu juga digunakan untuk menfasilitasi pembelajaran pagi Program Studi (Prodi) utamanya bagi Prodi Analis Kesehatan baik D4 ataupun S2, Teknologi Pangan, dan Juga Gizi yang membutuhkan berkaitan dengan penelitian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *