Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Penyerahan SK Akreditasi “A” Prodi S1 Gizi oleh Rektor kepada Dekan dan Kaprodi S1 Gizi Fikkes Unimus

Alhamdulillah Program Studi S1 Gizi Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (FIKKES) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) telah terakreditasi “A” oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes), dengan total skor 366, peringkat akreditasi “A”. Ditetapkan dengan No. SK 0852/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2020 tentang nilai, dan Peringkat Akreditasi, berlaku selama 5 (lima) tahun sejak 30 Desember 2020 hingga 30 Desember 2025.

Visitasi akreditasi (asesment lapangan) telah dilaksanakan pada 4 – 5 Desember  2020 lalu secara Daring atau online dengan menghadirkan dua assesor LAM PT Kes Dr. Toto Sudargo, M.Kes. (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta) dan Dr. Annis Catur Adi, Ir.,M.Si (Universitas Airlangga, Surabaya). Penyerahan SK penetapan hasil Akreditasi dari Rektor kepada Program Studi diwakili oleh Dekan Fikkes dengan didampingi Para Wakil Rektor dan Kaprodi Prodi dan SekProdi S1 Gizi di ruang 209 Gedung Rektorat Rabu (13/1/2020).

Sangat bersyukur dalam keadaam pandemi covid – 19 seperti saat ini Prodi S1 Gizi bisa mendapatkan Akreditasi A oleh LAM PT-Kes pada Visitasi Akreditasi yang dilaksanakan secara daring dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Harapannya dengan perolehan hasil akreditasi tersebut dapat membantu menopang universitas menuju akreditasi perguruan tinggi (APT) unggul yang rencana akan dilaksanakan visitasi akreditasi perguruan tinggi pada bulan april 2021 nanti.

Rektor sampaikan capaian akreditasi menunjukkan derajat tertinggi didalam penilaian akreditasi yang dilakukan oleh LAM PT – Kes kepada Prodi S1 Gizi Fikkes Unimus, gambaran tersebut menunjukkan bahwa proses – proses akademik, sarana dan prasarana, SDM termasuk tata kelola yang ada di Prodi s1 Gizi berada pada jalan yang sudah benar, sesuai dengan protret dari LAM PT – kes. Ini merupakan  hasil kinerja yang sinergis dari KaProdi, Dekan, Dosen sivitas akademika yang ada di Prodi gizi. Selain itu didalam perkembangananya baik Prodi D3 ataupun S1 Gizi meraih akreditasi A, sehingga dari capaian tersebut merupakan hal yang membanggakan bagi Unimus, sehingga bisa menjadi nilai jual yang lebih di masyarakat.

Selain itu Rektor juga menyampaikan bahwa makna yang tergandung dari nilai akreditasi A yang sudah diperoleh agar terus di pertahankan dengan baik selama – lamanya, dan juga dikembangan iklim akademik yang ada dengan baik dan nyaman, sehingga keilmuan Gizi di Unimus berkembang dengan baik melalui kajian penelitian, produktifitas karya keilmuan dari dosen, maupun aspek – aspek penunjang lain yang ada di prodi S1 Gizi.

Sementara itu Dekan Fikkes menyampaikan untuk mencapai unggul di tataran eksternal untuk penjaminan mutu, meliputi akreditasi pada tinggkat nasional yaitu LAM PT-Kes pada Ilmu Kesehatan, bagian yang tertinggi dari mutu Prodi. Dengan pencapaian akreditasi A / Unggul kedepannya dekan berharap dapat mewujudkan cita – cita yang sudah lama di inginkan dan belum terselesaikan yaitu dengan penambahan Prodi baru Profesi (dietisien) dan S2 Gizi. Landasan untuk dibangunnya prodi profesi salah satunya adalah hasil akresitasi Prodi S1 harus A, sehingga ada pengembangan dari Prodi yang bersangkutan yaitu S1 gizi sesuai dengan nomenklatur yang telah dikeluarkan

Barakallah, semoga semakin meningkatkan mutu dan memberi kemanfaatan untuk umat. Bismillah segera menyusul program studi yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *