Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

FE UNIMUS DORONG DOSEN MENULIS ARTIKEL YANG BAIK DAN LAYAK PUBLIKASI PADA JURNAL INTERNASIONAL BEREPUTASI

Semarang | Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) gelar kegiatan Workshop Academic Writing pada Rabu dan Kamis (17 – 18 /2/2021) bertempat di Aula lantai 7 gedung Fakultas Kedokteran dan juga di ruang 704 Gedung Kuliah Bersama (GKB). Hadir dalam kegitan tersebut Dekan (Dr. Hairudin, M.Si.), Kaprodi S1 Manajemen (Dr. Suwardi, MM.), Kaprodi S1 Akuntansi (Fatmawati Sukesi, SE., M.S), dan diikuti oleh peserta yang berasal seluruh dosen NIDN/NIDK dan staf karyawan Program Studi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang, dengan mendatangkan narasumber yang sudah berkompeten dalam bidang penulisan jurnal yaitu Dr. Hersugondo, SE.,MM  (Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unisbank) dan Dr. Imang Dapit Pamungkas, SE.,M.Si.,Akt.,CA.,CIBA  (dosen Program Studi Akuntansi Udinus).

Dimoderatori oleh Zulkifli Nurul Haqq, S.M., M.M.  kegiatan workshop tersebut mengambil tema “How to Improve Good Writing For Publishing in International Journal (“Strategi Publikasi Pada Jurnal Internasional Bereputasi”)” bertujuan untuk mendorong para Dosen Fakultas Ekonomi agar mempunyai semangat dalam menulis sebuah jurnal ilmiah yang terakreditasi Internasional, selain itu juga untuk Menghasilkan artikel yang layak dipublikasikan bagi dosen, Menghasilkan artikel yang sudah diperbaiki dan direkomendasikan bagi dosen  Fakultas  dari stakeholders , Adanya jaringan internasional dalam rangka percepatan publikasi karya ilmiah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang.

Dekan menyampaikan dengan adanya Workshop tersebut merupakan kegiatan untuk mendukung kewajiban Dosen untuk melakukan penelitian yang termasuk dalam Catur Dharma Universitas disamping Pendidikan, Pengabdian Masyarakat dan Islam Kemuhammadiyahan. Selain itu Workshop Academy Writing tersebut juga untuk mendorong Dosen Fakultas EKonomi Unimus untuk melakukan penelitian yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan dan jurnal dan harus masuk dalam jurnal intermasional Scopus.

Target dari terlaksananya kegitaan tersebut adalah supaya sat orang Dosen dapat menghasilkan satu buah Jurnal yang terakreditasi Internasional selama tahun 2021, dan kemudian dijadikan kegiatan rutin untuk tahun – tahun kedepan.

Materi dengan tema “Bagaimana Menulis Artikel yang Baik dan Layak Publikasi pada Jurnal Intertnasional Bereputasi” akan disampaikan oleh Bapak Hersugondo dan dilanjutkan dengan penyampaian materi ke II (dua) oleh Bapak Dr. Imang Dapit Pamungkas, SE.,M.Si.,Akt.,CA.,CIBA dengan tema “Strategi Publikasi Pada Jurnal Internasional Bereputasi” yang masing-masing berlangsung selama 90 menit. Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab selama 60 menit. Masing-masing dosen program studi baik akuntansi maupun manajemen akan mempresentasikan hasil riset yang nantinya oleh reviewer akan di berikan arahan, sehingga dosen akan mengetahui titik kesalahannya. Disamping itu akan lebih mudah bagi dosen memahami teknis penulisan seperti ketentuan format, menguntip jurnal, pemilihan topik yang tepat dan lain-lain.

Untuk pelaksanaan hari ke II (dua) masing-masing program studi tetap berada diruangan berbeda melanjutkan kegiatan presentasi yang di pandu oleh masing-masing reviewer. Dan kemudian setelah proses presentasi selesai program studi Akuntansi dan Manajemen akan memberikan closing statement atau pesan mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan dan diakhiri dengan kesimpulan.

Reportase Humas Unimus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *