Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Asesmen Lapangan secara Daring Akreditasi Prodi Pendidikan Profesi Bidan Unimus oleh Lam PT-Kes  

 

Semarang | Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melaksanakan Asesmen lapangan Akreditasi Program Studi untuk yang pertama kali secara Daring. Kegiatan asesmen lapangan dilaksanakan selama 4 hari dimulai dari hari senin (21/6/2021) sampai dengan Kamis (24/6/2021) oleh Tim Assesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes). Adapun tim Assesor tersebut adalah Dr. Eny Retno Ambarwati S.Si.T., M.Kes., dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan  AKBIDYO Yogyakarta, DjuDJu Sriwenda, SST., MPH dari Politekes Kementrian Kesehatan Bandung, dan Ivon Diah Wittiarika, S.Keb., Bd., M.Kes., dari Universitas Airlangga Surabaya.

Kegiatan asesmen lapangan tersebut dihadiri oleh Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd) didampingi oleh para wakil rektor, Dekan Fakultas Keperawatan dan Kesehatan /FIKKES (Dr. Ali Rosidi, M. Kes), Kaprodi Pendidikan Profesi Bidan (Dr. Fitria Nurdamayanti, SST. MH.Kes) dan juga Jajaran Pimpinan di Lingkungan Unimus.

Akreditasi Program Studi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komperhensif atas komitmen Program Studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tri dharma perguruan tinggi untuk menentukan kelayakan program akademik yang dijalankan. Adapun tim assessor  pada asesmen tersebut bertugas untuk melakukan verifikasi, validasi dan melengkapi data serta informasi yang disajikan dalam laporan evaluasi diri dan dokumen kinerja oleh prodi atau UPPS yang belum disampaikan pada instrument, maka pada kesempatan asesmen tersebut dapat disampaikan bukti – bukti yang telah disusun.

Rektor menyampaikan dalam pembukaan Asesmen lapangan bahwa Meskipun Akreditasi dilaksanakan secara virtual dikarenakan kondisi yang sedang tidak baik dikarenakan pandemi covid – 19 yang masih mewabah harus tetap semangat dan bersungguh – sunggu dalam menyajikan data dan bukti yang telah disiapkan. Rektor juga menyampaikan Unimus khususnya Prodi Pendidikan Profesi Bidan didalam perjalanannya  ingin terus meningkatkan kualitas untuk memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa dan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan. Maka  sudah tentu sangat mengharapkan bimbingan, arahan dan harapan dari tim Assesor melalui Asesmen Lapangan tersebut.  Sehingga dengan dilaksanakan Asesmen lapangan bisa terus meningkat mutu dan pelayanan yang diberikan.

Didalam jalannya asesmen lapangan visitasi Akreditasi, kepada tim talkforce diharapkan agar masukan – masukan yang diberikan oleh tim assessor bisa dicatat dan direkam sebaik mungkin  untuk selanjutnya dilakukan pembenahan dan pengembangan Prodi Pendidikan Profesi Bidan  Unimus. Semoga dengan visitasi tersebut membuat prodi Pendidikan Profesi kebidanan bisa semakin percaya diri dalam menjalankan kegiatan pembelajaran, dan hasil yang didapatkan nanti bisa menjadi motivasi untuk terus melakukan pembenahan dan perbaikan sehingga meningkatkan kualitas mutu yang baik dan menghasilkan lulusan yang mampu dan bisa bersaing di dunia kerja khususnya pada bidang kesehatan dengan sebaik – baiknya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *