Semarang | Dalam upaya meningkatkan daya saing dan kualitas perguruan tinggi selain sumber daya manusia tentu harus didukung dengan adanya peningkatan kualitas dalam bidang publikasi artikel ilmiah sivitas academika perguruan tinggi, yang kemudian harus disebarluaskan baik dalam bidang Pendidikan, Indstrial maupun Masyarakat luas sehingga bisa memberikan manfaat dalam kehidupan. Universitas Muhammadiyah Sermarang (Unimus) menyikapi hal tersebut dengan menggelar Webinar Penulisan Artikel Ilmiah dengan mengusung tema “ Strategi publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi” secara virtual pada selasa (24/8/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor I (Dr. Budi Santosa, M.Si., Med) Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Dr. Eny Winaryati, M.Pd), Kaprodi dan Dosen di Lingkungan Unimus, dengan mengundang narasumber Dr. Parmin, M.Pd (Dosen Universitas Negeri Semarang) dan Dr. Muji Setiyo, ST., MT. (Dosen Universitas Muhammadiyah Magelang) serta diikuti oleh 911 peserta yang berasal dari kalangan Dosen, Guru, Mahasiswa Program Magister dan Doktor yang tersebar dari seluruh penjuru Indonesia).
Tujuan dari terselenggaranya kegiatan webinar tersebut adalah untuk memberikan informasi terhadap peserta langkah awal yang harus dilakukan, memberikan pedoman, dan kiat tatacara dalam menulis artikel jurnal intenasional serta meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah untuk diterbitkan pada jurnal internasional.
Dr. Eny Winaryati melaporkan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan merupakan bagian dari kegiatan hibah yang didapatkan oleh Tim Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dengan harapan bisa tercapainya 8 indikator kinerja utama yang tertumpu pada 3 aspek penting yakni tercapainya kualitas lulusan, Dosen, dan kualitas peningkatan pembelajaran dan kurikulum, dan melalui berbagai penelitian – penelitian yang menghasilkan luaran berupa artikel ilmiah dengan harapan bisa terbit atau publish di pada jurnal ilmiah internasional yang bereputasi.
Dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara Dr. Budi Santosa menyebutkan di dalam Perguruan Tinggi tugas utama seorang pengajar atau dosen adalah dengan melaksanakan kaidah Tri Dharma Peruruan Tinggi dan dua diantaranya adalah dengan melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu Dr. Budi Santosa juga berharap dari penelitian dan pengabdian tersebut memberikan hasil yang bisa bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri dan instansi akan tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat luas.
Oleh karena itu hasil dari penelitian dan pengabdian masyarakat bisa dimanfaatkan oleh khalayak luar jika dapat didesiminasi publish melalui media jurnal baik jurnal nasional yang terakreditasi maupun jurnal internasional yang bereputasi dalam bentuk artikel ilmiah yang kemudian bisa di syiarkan hasil atau luaran tersebut kepada masyakarat sehingga tidak hanya menjadi sebatas laporan dan tersimpan yang menjadikan nilai laporan tidak memberikan manfaat yang optimal.

Loading

Leave a Reply