Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Kerjasama dengan P4TK IPA Bandung, Pendidikan Kimia Unimus Gelar BIMTEK Pembelajaran Kimia Berorientasi Hands On Activity dimasa pandemi

Semarang | Senin (4/10/2021) Program Studi S1 Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerjasama dengan Pusat Pengembangan, Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA (P4TK IPA) Bandung menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) “Pembelajaran Kimia Berorientasi Hands On Activity dimasa Pandemi”. Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor yang sekaligus Pengisi Materi kegiatan (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd), Dekan (Dr. Eny Winaryati, M.Pd), Kaprodi (Fitria Fatichatul Hidayah, S.Si., M.Pd.), Dosen dan Sivitas Akademika S1 Pendidikan Kimia FMIPA Unimus dan diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari 46 Guru dan 14 Mahasiswa Calon Guru yang tersebar dari 5 guru Madrasah Aliyah (MA) 9 Guru SMK, 32 Guru SMA beserta Mahasiswa.

Bertempat di The Wujil Resort Ungaran Kabupaten Semarang kegiatan tersebut di gelar selama 5 hari dari Senin – Jum’at (4-8/10/2021)  dengan Peserta kegiatan berasal dari beberapa Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah yakni Banjarnegara, Cilacap, Banyu Mas, Kebumen, Purworejo, Purwokerto, Brebes, Batang, Pekalongan, Tegal,Pemalang, Kendal, Demak, Grobogan, Jepara, Rembang, Pati, Kudu, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Magelang dan kota Magelang.

“Kita Sering menyimak Istilah Sekolah Merdeka dan Kampus Merdeka, tampaknya menjadi suatu sinyal bahwa kegiatan yang dilaksanakan harus memberikan dampak bagi kualitas pembelajaran, kurikulum, peningkatan Dosen dan Guru, Peningkatan Mahasiswa dan Siswa yang menjadi ujung tombak kemajuan pendidikan dengan diikuti oleh seorang pengajar dan proses pembelajaran yang berkualitas, kata Dr. Eny Winaryati M.Pd. didalam sambutannya.

Mengingat tantangan seorang Pengajar baik Dosen ataupun Guru dimasa pandemic seperti pada saat ini  cukup luarbiasa. Selain harus mengajar dengan keterbatasan, juga  dituntut untuk mampu memberi pembelajaran kepada peserta didik untuk tetap mencapai Skill Hands On Ativity atau ketrampilan dalam belajar dengan menerapkan trik system belajar yang menyenangkan dan mampu merangsang semangat dan minat siswa atau pun mahasiswa, sehingga keadaan tersebut menjadi tantangan bagi seorang Pengajar untuk bisa melaluinya. Dengan mengangkat tema “Pembelajaran Kimia Berorientasi Hands On Activity dimasa Pandemi”tersebut diharapkan peserta BIMTEK bisa saling sharing antar pengajar dan narasumber.

Selain itu di dalam Perguruan Tinggi dikenal istilah dengan nama 8 indikator kinerja utama, yang salah indikatornya harus dicapai oleh perguruan tinggi diantara peningkatan kualitas pembelajaran dengan berbasis kasus  case Studi, Case Metod dengan mendasarkan pada suatu kolaborasi, dimana kolaborasi antara Dosen dan Guru tersebut menjadi jenjang bagaimana sebuah Pendidikan tidak bisa lepas dan berdiri sendiri, saling menentukan kualitas baik perguruan tinggi maupun Sekolah Menengah Atas, Madrasah maupun Kejuruan. Dan dari kolaborasi yang pernah terjalin, Pembelajaran yang ada di Pendidikan Kimia FMIPA Unimus sudah pernah meraih 4 kali Hibah kolaborasi Dosen dengan guru yang disetting dalam bentuk lesson studi for learning Community.

 

Reportase Humas Unimus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *