Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

524 LULUSAN MAHASISWA FIKKES UNIMUS IKUTI ANGKATAN SUMPAH PROFESI SECARA ONLINE

Semaranng, Kamis (18/10/2021) FIKKES Unimus menggelar angklat sumpah profesi secara online dan offline melalui aplikasi zoom, yang disiarkan langsung dari ruang 408 lantai 4 geudng NRC (Ners Resert Center Fakultas Keperawatan dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Semarang. Kegiatan diikuti 524 mahasiwa lulusan terdiri dari lulusan Diploma tiga (D3) Analis Kesehatan sebanyak 97 orang, Diploma Tiga (D3) Kebidanan (D3) 18 orang, Diploma Tiga (D3) Keperawatan 59 orang, Diploma Tiga (D3) Gizi 22 orang, Diploma Empat (D4) Analis Kesehatan sebanyak 165 orang, Sarjana (SI) Gizi 53 Orang, Profesi Ners sebanyak 138 orang, lulusan disumpah menurut agama ISLAM, Kriten Protestan, Katolik dan Hindu. Hadir dalam acara tersebut Dekan FIkkes (Dr. Ali Rosidi, S.KM., M.Si), Wakil Dekan, Kaprodi dan sekprodi Profesi Ners, D3 Analis Kesehatan dan D4 Analais Kesehatan,D3 Kebidanan, D3 Gizi, D3 Keperawatan dan S1 Gizi Unimus. Selain itu hadir pula ketua DPW PNNI Jawa tengah (Assoc. Prof. Dr. Arwani, SKM, BN. Hons, MN.), ketua DPD Persagi Profinsi Jawa tengah (Bambang Supangkat, SKm, M.Si) ketua DPW PALTEKI Provinsi Jawa Tengan (H. Suwandi, S.Sos) dan Ketua IBI Provinsi Jawa Tengah atau yang mewakili (Sumarsih S.ST, M.H).


Sumpah profesi yang dilaksanakan bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kesehatan dalam mengemban tugas di pelayanan kesehatan di bidang perawat, gizi, analis kesehtan dan kebidanan, mempersiapkan lulusan sebagai tenaga kesehatan yang berkomitmen untuk menjaga nama baik institusi dan organisasi profesi sebelum menjadi tenaga kesehatan pelayanan masyarakat, mempersiapkan lulusan untuk bertanggungjawab sebagai tenaga kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan sebagai symbol fakultas bahwa alumni siap menempuh dunia kerja dan alumni dapat mempertahankan cinta almamater dan himpunan profesinya.
Saya percaya bahwa semua ahli madya kesehatan maupun sarjana terapan dan yang akan dilantik dan diambil sumpahnya, sudah memiliki dan memenuhi kualifikasi kompetensi keilmuan dan keahlian yang sangat memadai, oleh karena itu kami berharap anda dapat segera memanfaatkan secara optimal potensi keilmuan dan keahlian yang anda miliki dimanapun anda nanti mengabdi, ujar Dekan FIKKES.
Setelah diangkat sumpah, dan menjadi tenaga kesehatan baru. lulusan harus selalu berfikiran logis sistematis seperrti yang telah didapat di bangku perkuliahan, dan harus dibawa dalam realitas kehidupan, serta juga lulusan dituntun siap untuk terjun untuk menghadapi jalan berkarir sesuai dengan keprofesian yang telah diambil yang tentu tidak akan mudah, apalagi di era pandemic sekarang dimana tidak ada kepastian yang jelas. Selain itu keberadaan tenaga kesehatan yakni perawat ataupun tenaga ahli kesehatan laboratorium medis (TLM) memiliki arti yang penting dalam upaya mewujudkan mutu pelayanan kesehatan yang prima. Tenaga kesehatan juga memiliki pengaruh yang sangat berarti khusunya dalam peran serta dalam mendukung produktivitas suatu bangsa yang berimplikasi pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan didalam sebuah negara.
Dekan FIKKES berharap agar tenaga kesehatan lulusan dari Unimus bisa menjadi tenaga kesehatan yang berkompeten, berintegrasi dan beretitude yang baik. Sumpah bukan Cuma untuk diucapkan saja akan tetapi untuk dijalankan sebaik – baiknya, selalu menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan pasien. Selain itu sebagai tenaga kesehatan bukan Cuma berkarir dan menjalankan tugasnya saja dengan baik, akan tetapi juga harus terus menerus mengembangkan ilmu sebaik – baiknya, dengan cara melanjutkan jenjang Pendidikan ketingkat yang lebih tinggi, mengikuti seminar – seminar, pelatihan dan diskusi ilmiah tentang dunia kesehatan, mengembangkan kolaborasi dan rasa kepedulian terhadap teman sejawat atau seprofesi, dan dengan jejaring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *