Semarang | saat ini data merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Termasuk data dalam pengambilan keputusan untuk menentukan keakuratan yang dikeluarkan. Tentunya sebuah data dapat diperoleh dari sebuah perhitungan Statistika yang handal. Dari perhitungan tersbeut maka dapat keluar sebuah hasil yang bisa dipertanggung jawabkan kedepannya.

Maka dari itu dibutuhkan ahli statistika yang berkualitas untuk tercapainya hal tersebut, dalam hal ini Mahasiswa adalah salah satu yang dapat didik dan diberikan pengetahuan dalam mengegola data dalam bentuk statistia. Oleh karena itu Program Studi S1 Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) memberikan pengajaran terkait pengelolaan data Statistika dalam bentuk Kuliah Umum, dengan mengundang narasumber yang sangat berkompeten dlaam bidan tersebut yakni Kepala Badan Pusat Statistika (BPS) Provinsi Jawa Tengah (Ir. Adhi Wiriana, M.Si) yang dilaksanakan pada hari Selasa (14/6/2022) bertempat di Gedung Kuliah Bersama (GKB) II lantai 8.

Menyesuaikan dengan tema yakni “Peran Statistika sebagai Decission Support dalam Perencanaan Pembangunan” bertujuan untuk selain untuk meningkatkan suasana akademik juga untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa terkait dengan peran Statistika didalam pengambilan keputusan. Selain itu dengan adanya kuliah umum ini juga bertujuan untuk menginspirasi mahasiswa khususnya Program Studi S1 Statistika Unimus untuk bisa nantinya mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan sehingga harapannya kedepan dapat mengaplikasikan dlaam kehidupan sehari hari di tengah masyarajat.

Sementara itu Kepala Program Studi S1 Statisika Ibu Manfaati Nur menyampaikan “bahwa mempelajari Statistika tidak hanya sebatas mempelajari rumus saja, tapi samapi dengan tahapan pengambilan dan pengelolaan keputusan pada tingkat yang lebih tinggi. Begitupun Dekan Dr. Eny Winaryati menyampaikan bahwa sesuai dengan tema yang diambil dalam menjalankan sebuah keputusan pasti membutuhkan adanya data statistika yang akurat, hanya untuk sekarang ini bagaimana seorang mahasiswa dapat ikut berperan didalamnya sebagai Visioner, Fasilitator dan Motivator sehingga bisa lebih dikenal dan dipahami serta mampu ikut serta dalam pengambilan keputusan di tengah masyarakat”.

Loading

Leave a Reply