Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

UNIMUS Buka Prodi Baru S1 Agribisnis dan S1 Teknik Sipil

Semarang – Alhamdulillah, izin pembukaan program studi baru Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) telah ditetapkan dengan surat keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi No. 506/E/0/2022 Tentang Pembukaan Program Studi S1 Agribisnis Fakultas Ekonomi dan SK No. 527/E/0/2022 tentang Pembukaan Prodi S1 Rekayasa Sipil (Teknik Sipil) Fakultas Teknik.

Rektor UNIMUS, Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd mengungkap program studi baru S1 Agribisnis dan S1 Rekayasa Sipil (Teknik Sipil) ini menambahkan program studi UNIMUS menjadi 30 program studi. Mulai ajaran tahun akademik 2022/2023 dua prodi baru ini resmi dibuka. “Kurikulumnya disesuaikan dengan perkembangan dinamika kehidupan yang cukup pesat. Dua prodi tersebut diharapkan dapat mengantisipasi perkembangan-perkembangan yang begitu cepat di bidang sipil dan agri bisnis. Kita pun membekali mereka dengan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk penguatannya, “ ungkapnya. Wakil Rektor I Dr. Budi Santosa, M.Si., Med turut menambahkan bahwa UNIMUS selalu taat azas dalam aturan pengajuan program studi baru. “UNIMUS tidak main-main dalam pengajuan dua program studi tersebut. Semua yang menjadi persyaratan dalam pembukaan prodi telah UNIMUS penuhi dan lengkapi baik dari SDM, kurikulum maupun sarana dan prasarana,“ tambahnya.

Ditinjau dari perspektif sarana dan prasarana, Fakultas Teknik sudah mendapat gedung baru sehingga bisa dioptimalkan untuk prodi baru Teknik Sipil sedangkan agribisnis UNIMUS sudah memiliki UNIMUS Farm untuk dijadikan laboratorium terapan. Dengan luas lahan mencapai 1,4 Hektar, isinya banyak hewan-hewan ternak seperti kambing, sapi, kelinci dan lain sebagainya. Ada juga tempat pengelolaan sampah yang dijadikan kompos. Di UNIMUS Farm, ada cafe-nya juga untuk tempat berdiskusi hingga mencari inspirasi. Student body UNIMUS saat ini mencapai lebih dari 11.000 mahasiswa, dengan adanya tambahan dua prodi baru tersebut semoga menambah jumlah student body, mengingat target untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 sebesar 4.000 dengan target mahasiswa baru S1 Agribisnis dan S1 Teknik Sipil masing-masing 50 mahasiswa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *