Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

KERJASAMA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIMUS DENGAN UNISBA DAN EUROPEAN FORUM OCCUPATIONAL HEALTH (EFOH)

Unimus-Unisba-EFOHBandung 02/06/2015 – Kerjasama Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah (UNIMUS) dan Universitas Islam Bandung UNISBA yang didukung oleh Development Occupational Health (LDOH), European Forum Occupational Health (EFOH) yang merupakan institute pusat pengembangan OHS di Uni Eropa, dimana salah satutujuannya dimaksudkan untuk memperkuat Kurikulum dan Pembelajaran Kesehatan dan Keselamatan Kerja(K3) bagi mahasiswa kedokteran, yang pada saatnya nanti juga dapat manjadi fundasi menjadikan kedua institusi ini sebagai pusat pelayanan K3 di wilayah provinsinya masing-masing. 

Hal ini dilandasi adanya peluang dimana bonus demografi 2020 jumlah penduduk Indonesia dengan populasi masyarakat produktif yang jumlahnya significant.Pada saat yang sama dibarengi pula besarnya permasalahan dan tantangan di bidang kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Namun demikian belum di imbangi oleh jumlah dan kapasitas tenaga kesehatan termasuk dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan kerja di Indonesia.Saat ini hanya Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang menjadi satu-satunya Fakultas Kedokteran yang memiliki program pendidikan formal untuk jenjang paskasarjana dan spesialisasi di bidang kedokteran okupasi

Unimus-Unisba-EFOH2Dengan tujuan menjadikan Unimus sebagai pusat training kesehatan dan keselamatan kerja (K3) Jawa Tengah, FK Unimus melakukan beberapa langkah kerjasama baik nasional dan internasional bidang OHS, memperkuat kurikulum dan meningkatkan SDM dosen.Pertemuan dilaksanakan di FK  Unisba dengan dipimpin langsung oleh Dekan FK UnisbaProf.Dr. Ieva B. Akbar, dr.AIF dan juga didampingi sekretaris eksekutif drg. Siska Nia I  dan dr. Yudi Feriandi. Sementara perwakilan dari Unimus adalah dr- Merry Tiyas Anggraini, M.Kes, dr. Yanuarita Tursinawati, MSi. Med. (FK Unimus) dan Dr Muhammad Yusuf.PhD (Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Unimus). Turut pula hadir delegasi dari EFOH yaitu DrLailana Purvis dan Dr Geert Koster, Beberapa hal yang direncanakan adalah Kunjungan keBelanda pada awal September 2015, Menjalin sinergitas dengan pihak pengampu kebijakan K3, menjalin kerjasama dengan FakultasKedokteran UI (Universitas Indonesia-Jakarta), dan mengembangkan program pembelajaran, kurikulum, SDM, Dosen, Mahasiswa serta model pendidikan Occupational Health yang unggul. Sumber : KUIK (Kantor Urusan International dan Kerjasama-Unimus)

Comments are closed.