Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

PERINGATAN HTTS BEM FKM UNIMUS: “PEDULIKAN KESEHATANMU BUKAN ROKOKMU”

Anggota BEM FKM Unimus
Anggota BEM FKM Unimus

Anggota BEM FKM Unimus

Aksi teatrikal

Aksi teatrikal

Aksi long march

Aksi long march

Aksi tanda tangan

Aksi tanda tangan

UNIMUS | SEMARANG | Minggu (31/4/2015), Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (BEM FKM) Universitas Muhammadiyah Semarang departemen TC (Tobacco Control) mengadakan peringatan World No Tobacco Day (Hari Tanpa Tembakau Sedunia) yang jatuh pada tanggal 31 Mei di bawah bimbingan Trixie Salawati, S.Sos., M.Kes. dan bekerja sama dengan jaringan KPKTR (Komunitas Peduli Kawasan Tanpa Rokok) Kota Semarang.  BEM FKM Unimus mengambil tema “Pedulikan Kesehatanmu Bukan Rokokmu”.

Tujuan diadakannya peringatan HTTS ini adalah untuk menunjukkan kepada masyarakat agar mereka sadar dan peduli akan kesehatannya dengan tidak merokok, padahal mereka tahu bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Maka dari itu, mahasiswa Kesehatan Masyarakat se-Kota Semarang mengadakan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Kegiatan yang dilakukan yaitu pertunjukan teaterikal dan simulasi tentang bahaya merokok. Kegiatan dilakukan di kawasan Tugu Muda Kota Semarang dimulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.30 WIB. Peserta yang terlibat dalam peringatan HTTS adalah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat dari beberapa Universitas di Kota Semarang, diantaranya UNIMUS, UNDIP, UNNES, UDINUS, dan Komunitas Peduli Kawasan Tanpa Rokok (KPKTR).

Kegiatan teatrikal dibuka dengan sambutan dari KPKTR dan Wakil Dekan FKM Unimus (Dr. Sayono, M.Kes.) kemudian dilanjutkan dengan long march dari UDINUS ke arah Gedung Juang dengan melakukan aksi tanda tangan bersama diatas kain putih untuk menunjukkan bahwa Pelajar dan Mahasiswa, serta Pemuda Indonesia peduli akan kesehatan tanpa rokok. Semua peserta kemudian menuju ke masing-masing traffight light kawasan Tugu Muda yang sudah dibagi dan mensimulasikan hasil teaterikalnya di depan pengendara roda 4 maupun roda 2.

Teatrikal dari BEM FKM UNIMUS menampilkan bahaya rokok dengan menggambarkan seorang perokok berat yang menimbulkan bahaya pada diri sendiri dan lingkungan, berupa bahaya pada kehamilan dan janin, menyebabkan kanker mulut, kanker paru-paru, dan kanker nasofaring. Kegiatan lain yang dilakukan oleh BEM FKM UNIMUS adalah membagikan sticker dan brosur yang isinya tentang peringatan bahaya merokok. Kegiatan atraktif lain yang dilakukan adalah ketika bertemu dengan perokok maka mahasiswa mengganti rokok yang diisap dengan coklat.

Sambutan oleh Wakil Dekan FKM

Sambutan oleh Wakil Dekan FKM

Melalui peringatan HTTS ini diharapkan para pemuda dan masyarakat sadar akan pentingnya kesehatan tanpa rokok dan kebiasaan tanpa rokok diperingati bukan hanya tanggal 31 Mei saja tetapi terus digalakkan setiap hari. (ukm-komunikasi&humas-jipc).