Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

PELATIHAN PKM BAGI MAHASISWA UNIMUS 2015

Paparan “Creative thinking” oleh Rifki Aulia Erlangga, M.Hum.
Sambutan WR III

Sambutan WR III

UNIMUS ǀ Semarang, (23-24/05/2015) lalu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengadakan kegiatan Pelatihan Program Kreatifitas Mahasiswa atau yang biasa disebut PKM bertempat di gedung NRC UNIMUS ruang 408 dan 409. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Semarang dengan tujuan memberikan bekal kepada para mahasiswa sehingga mereka memiliki kemampuan untuk menulis, mengkonsep ide kreatif serta menghasilkan Proposal PKM yang berkualitas, yang selanjutnya akan dikirim untuk bersaing dalam PKM yang diselenggarakan oleh Dikti.

Pelatihan PKM UNIMUS tahun 2015 diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiwa Universitas Muhammadiyah Semarang bekerjasama dengan seluruh Himpunan Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Semarang. Kegiatan Pelatihan PKM UNIMUS tahun 2015 bertemakan “Meningkatkan kreatifitas dan kredibilitas untuk PKM yang berkualitas”. Dalam sambutannya, Syaiful Haque selaku ketua Panitia menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini harapannya dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa khususnya mahasiswa baru yang belum mengenal PKM. Selain itu Pelatihan PKM ini juga diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswa dalam menyongsong pengajuan proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2015 yang diadakan oleh Dikti beberapa bulan kedepan.

Pengenalan PKM oleh Ibu Ayu Noviani Hanum, SE., M.Si.(Akt.)

Pengenalan PKM oleh Ibu Ayu Noviani Hanum, SE., M.Si.(Akt.)

Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta dari semua program studi di Universitas Muhammadiyah Semarang yang didelegasikan oleh Kaprodi masing – masing. Kegiatan yang diusung dalam pelatihan PKM ini antara lain pengenalan dan penulisan PKM yang disampaikan oleh dosen Fakultas Ekonomi yang juga mengampu mata kuliah kewirausahaan, Ayu Noviani Hanum, SE.,M.Si,Akt. Materi selanjutnya disampaikan oleh Rifki Aulia Erlangga, M.Hum. seorang dosen, jurnalistik sekaligus presenter di salah satu stasiun televisi yang memberikan materi tentang “Creatif Thinking”. Setelah mengenal dan mengetahui bagaimana penulisan PKM yang benar, peserta diminta untuk membuat proposal PKM yang akan diusulkan.

Paparan “Creative thinking” oleh Rifki Aulia Erlangga, M.Hum.

Paparan “Creative thinking” oleh Rifki Aulia Erlangga, M.Hum.

Presentasi proposal PKM oleh mahasiswa

Presentasi proposal PKM oleh mahasiswa

Pelatihan hari kedua mengagendakan presentasi proposal PKM yang telah disusun oleh mahasiswa didepan para assesorinternal UNIMUS yaitu Ayu Noviani Hanum, SE.,M.Si,Akt.; Dr.Sayono,SKM.,M.Kes.(epid.); Eko Yulianto, S.Pd., M.Pd.;dan Fitri FatichatulH.,S.Si.,M.Pd. Peserta mempresentasikan secara individual proposal mereka dan kemudian memperoleh pengarahan, masukan dan komentar oleh para assesor melalui bimbingan terbuka, sehingga seluruh peserta memiliki pengetahuan yang benar untuk merealisasikan ide mereka secara nyata.

Pelatihan PKM bagi mahasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menyusun proposal PKM agar mahasiswa Unimus dapat berkiprah di tingkat nasional. Segera setelah pelatihan PKM bagi mahasiswa akan disusul dengan Training of Trainer (TOT) pembimbing PKM bagi para dosen sehingga dosen juga dapat mengupgrade pengetahuan mengenai kiat agar proposal PKM yang diajukan oleh mahasiswa bimbingannya dapat lolos dan didanai oleh DIKTI. (bem&humas-jipc).

Comments are closed.