Semarang | percepat vaksinasi terhadap Covid – 19 dan bekerjasama dengan Polri, Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) dan Rumah Sakit Gigi Mulut (RSGM) Univeristas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menggelar Vaksinasi Merdeka yang dilaksanakan serentak di 16 titik di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kegiatan Vaksinasi Merdeka di gelar dengan dikoordinatori oleh BEM SI yang dimana didalam anggotanya termasuk BEM KM Unimus dengan capaian target 3000 orang.


Pada pelaksanaannya BEM KM Unimus menjadi salah satu titik yang melaksanakan kegiatan program Vaksinasi Merdeka dengan sasaran Mahasiswa dan Masyarakat umum. Program Vaksinasi dilaksanakan selama dua hari, yakni Rabu dan Kamis (22 – 23/9/2021). Presiden Mahasiswa (Mudrik Rahma Prabawanto) menjelaskan bahwa tujuan digelarnya program Vaksinasi tersebut adalah untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi, dengan harapan vaksinasi dosis pertama semakin cepat dan bisa memperkuat kekebalan kelompok. Mudrik juga menyampaikan ada tiga titik vaksin di kota Semarang yang menggelar Vaksinasi Merdeka selain Unimus yaitu Universitas Negeri Semarang dan Universitas PGRI Semarang.


Tujuan lain dari vaksinasi adalah untuk melindungi dan memperkuat system kekebalan imunitas dan Kesehatan secara menyeluruh, menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial serta ekonomi masyarakat. Sehingga dengan tujuan tersebut bisa tercapai kekebalan komunitas atau herd immunity, sebagai booster atau menguatkan repons imun yang telah terbentuk sebelumnya, memperkecil kemungkinan terjadinya gejala berat dan komplikasi akibat Covid – 19.


Kendati demikian animo masyarakat sebenarnya sangat besar ditandai dengan jumlah pendaftar melebihi kuota yang diberikan pemerintah pusat, hingga batas akhir pendaftaran lebih dari 3.000 orang menyatakan keinginannya menerima suntikan serum kekebalan tubuh. Hanya saja karena keterbatasan daya tampung belum semua bisa terlayani, sehingga diberlakukan pendaftaran online dengan terlebih dulu mengisi formulir melalui model google form. Kemudian direkapitulasi hingga mencapai target.

Loading

Leave a Reply

3 × two =