Semarang | dibawah persyarikatan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) memiliki tekad menjadi universitas yang tumbuh dan berkembang menjadi universitas yang Unggul, Berkarakter, Berbasis Teknologi, dan berwawasan Intersnasional. Maka dari itu Unimus terus berupaya dan bekerja keras untuk mewujudkan visi besar tersebut. Salah satu langkah untuk mewujudkan visi besar tersebut adalah dengan mencapainya target perolehan mahasiswa baru dalam setiap tahun ajaran baru.

Dari Penerimaan Mahasiswa Baru yang sudah dilakukan dalam kurun waktu satu tahun, maka pada senin (6/9/2021) Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd) melantik sebanyak 3067 Mahasiswa Baru dalam kegiatan Rapat Terbuka Senat dan Pembukaan Masa Ta’aruf Mahasiswa baru tahun 2021/2022, terdiri dari 34 Mahasiswa Baru Program Magister ({asca Sarjana), 242 Program Profesi, 2022  Program Sarjana (S1), 327 Program Diploma IV (D4) dan 329 Program Diploma III (D3) yang tersebar di 28 Program studi di 8 Fakultas yang ada di Unimus. Dan juga menerima sebanyak 48 peserta pertukaran pelajar dari luar pulau Jawa  Mahasiswa Merdeka dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Kegiatan Pembukaan Masta PMB tahun 2021 tersebut dilaksanakan secara Daring dan Luring atau biasa disebut dengan istilah Hybrid, dimana ada beberapa perwakilan Mahasiswa di setiap prodi yang mengikuti kegiatan secara offline dan yang lainnya secara online melalui aplikasi Zoom dan Streaming Youtube. Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd) sekaligus sebagai ketua Senat, para Wakil Rektor dan  anggota senan, unsur pimpinan Perwakilan Fakultas, Sekretaris Senat,dan  Dosen dilingkungan Unimus. Penerimaan Mahasiswa Brau tersebut ditandai dengan pemakainan jas Almamater kampus dan Jas Ikatan Mahasiswa Muhammadiyan (IMM) Unimus yang disematkan oleh Rektor kepada perwakilan Mahasiswa baru.

“Satu Setengah Tahun lebih Pandemi memapar  kehidupan masyarakat Indonesia yang menjadikan gerak aktifitas menjadi sangat terbatas, mulai dari pertemuan yang dibatasi baik perkuliahan maupun kegiatan lainnya dan harus taat protokol Kesehatan secara ketat, akan tetapi kita harus tetap bisa melakukan aktifitas dengan adaptasi dan antisipasi untuk hidup berdampingan dengan covid – 19 dalam melakukan aktifitas dan meraih prestasi” kata Rektor dalam memberikan Smabutan dan sekaligus membuka acara.

Selain itu Rektor juga menyampaikan kuliah di Unimus, Mahasiswa akan dibina dan didiidik oleh para tenaga pengajar atau Dosen Profesional dengan keahlian masing- masing sesuai dengan bidang yang diambil oleh Mahasiswa, untuk menghantarkan Mahasiswa meraih cita – cita menjadi seorang Diploma, Sarjana dan Magister.  Di kampus Unimus Mahasiswa tidak hanya diajarkan tentang perkuliah akademik saja, melainkan belajar berorganisasi, dilatih Memimpin dan dipimpin didalam Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Kampus Unimus.

Dalam sambutannya Rektor juga menyebutkan disamping sudah ada 28 Program Studi yang sudah berdiri, untuk kedepannya akan dibuka sebanyak 15 Prodi baru yang terdiri dari 12 Prodi Program Sarjana, dan 3 Program Pasca Sarjana diantaranta S2 Manajemen, S2 Kesehatan Masyarakat, dan S2 Teknik Mesin. Dan untuk tetap memberikan layanan kepada Masyarakat luar Pendaftaran Mahasiswa Baru Unimus masih terus dibuka sampai 30 September 2021.

Loading

Leave a Reply

6 + twelve =