Semarang – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) berkesempatan menjadi tuan rumah acara Musyawarah Nasional IV Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah – Aisyiyah, pada Kamis (18/03/2021). Digelar secara virtual, acara diikuti oleh seluruh anggota jaringan informasi library PTM/A se-Indonesia. Mengusung tema “Bersama mencapai keunggulan iptek dan memperkuat ukhuwah islamiyah”, kegiatan musyawarah nasional ini terselenggara dengan kerja sama dengan Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) PP Muhammadiyah yang dipimpin oleh Dr. Muchlas, MT dan Majelis Diktilitbang yang diwakili oleh Dr. Muhammad Samsudin, S.Ag., M.Pd (Wakil Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah). “Forum perpustakaan PTM/A sangat penting kehadirannya menjadi basis gerakan ilmu dan gerakan Islam berkemajuan Muhammadiyah di masa-masa yang akan datang,” papar Muchlas dalam sambutannya.

Lebih lanjut hadir untuk memberikan sambutan Wakil Rektor II Unimus, Dr. Hardi Winoto, M.Si. Pihaknya menyampaikan rasa syukur karena Munas IV FPPTMA tahun 2021 ini diselenggarakan di Unimus walaupun secara daring. “Kegiatan dunia kepustakaan ini memang menjadi salah satu prioritas di seluruh lapisan. Ini merupakan capaian bersama dalam rangka meningkatkan kemajuan perpustakaan khususnya di lingkungan Muhammadiyah – Aisyiyah.  Tema yang diusung sebagai refleksi dalam rangka meningkatkan daya saing di kancah nasional dan internasional yang ditandai dalam prestasi-prestasi perpustakaan maupun pustakawannya, “ ungkapnya.

Munas kali ini diharapkan Perpustakaan PTM/A mampu mengejar nilai akreditasi yang sampai saat ini sudah ada 25 (dua puluh lima) perpustakaan PTM/A yang sudah terakreditasi. Hasil dari Munas ini salah satunya membahas terkait pemilihan kepengurusan yang baru periode 2021-2025, ditetapkannya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga Forum perpustakan. Pada kesempatan pertemuan ini, agenda dilanjutkan dengan launching penulisan buku “Akreditasi Perpustakaan” oleh Drs. Lasa Hs. M.Si (Kepala FPPTMA – Kepala Perpustakaan UMY). Dilanjutkan dengan presentasi LPJ pengurus pusat, presentasi LPJ pengurus korwil dari wilayah DIY & Jatengsel, Jateng Barat – Utara – Timur, Jatim, Balinusra, Jabar, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara & Aceh, Bengkulu – Padang – Jambi – Lampung & Palembang serta Sulawesi –  Maluku & Papua.

Loading

Leave a Reply

eight + two =