Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Dokter Komunitas Diharapkan Bisa Jadi Solusi Masalah Kesehatan di Indonesia

Semarang | (26/02/2020) Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang menjadi tuan rumah Rapat Forum Ilmiah sekaligus pelantikan pengurus Badan Kerja Sama Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Ilmu Kedokteran Pencegahan Ilmu Kedokteran Komunitas (BKS-IKM-IKP-IKK-FKI) Fakultas Kedokteran dan Perhimpunan Dokter Kedokteran Komunitas Kesehatan Masyarakat (PDK3MI) Region IV periode 2019 – 2020. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah (dr. Yulianti Prabowo, M.Kes FICM), Ketua IDI Jawa Tengah (dr. Djoko Handoyo, Msi.Med., Sp.B,Sp.B(K) Onk, FICS)., Ketua pusat BKS-PDK3MI (Dr. dr. Febri Endra Budi Setyawan, M.Kes,FISPH,FISCM), Dekan FK Unimus (Prof. Dr.dr. Rifki Muslim, Sp.B, Sp.BU). Kegiatan dilaksanakan Rabu (26/02/2020) di aula lantai 7 kampus FK Unimus diikuti oleh 19 Fakultas Kedokteran di Region IV Indonesia.

Sambutan Dekan FK dalam Forum Ilmiah sekaligus pelantikan pengurus (BKS-IKM-IKP-IKK-FKI) dan PDK3MI

Selain kegiatan pelantikan BKS-IKM-IKP-IKK-FKI juga dilaksanakan rapat forum ilmiah yang berupa bedah buku dan workshop penyusunan buku ajar pada fakultas kedokteran. “Kegiatan ini merupakan hal yang sangat baik untuk diadakan, karena dalam perkembangan ilmu kesehatan yang semakin hari semakin maju yang meliputi kesehatan masyarakat dan keluarga, kedokteran komunitas merupakan bagian yang sangat penting dalam pembinaa kesehatan didalam masyarakat suatu negara” kata Dekan FK Unimus dalam sambutannya. “Mengatasi semua kemungkinan masalah kesehatan yang akan dan telah terjadi seorang praktisi kesehatan atau dokter harus bisa memberikan penanganan, pencegahan, dan pengobatan seta mampu memberikan solusi tanpa memberikan rasa takut bagi pasien” Imbuhnya. Harapan diadakannya pelantikan tersebut, maka dokter – dokter yang tergabung dalam BKS PDK3MI atau Badan Kerja Sama Perhimpunan Dokter Kedokteran  Komunitas Kesehtaan Masyarakat di Region IV bisa bekerja lebih baik lagi untuk kedepannya dalam menangani maslaah kesehtan yang ada dan terjadi di Indonesia.

Sambutan Ketua pusat BKS-PDK3MI (Dr. dr. Febri Endra Budi Setyawan, M.Kes,FISPH,FISCM) dalam Forum Ilmiah sekaligus pelantikan pengurus (BKS-IKM-IKP-IKK-FKI) dan PDK3MI

Perhimpunan Dokter Kedokteran  Komunitas Kesehtaan Masyarakat merupakan organisasi yang sangat penting bagi perkembangan dan pembinaan kesehatan bagi masyarakat. Ditambahkan oleh ekan FK Unimus Prof. Dr. Rifki, bahwa FK Unimus siap melakukan hal – hal yang sudah menjadi tugas dari ilmu kedokteran dan kesehatan masyarakat, serta siap memfasilitasi segala kegiatan yang akan di adakan pada forum – forum pada berikutnya. Dekan berharap dokter baik yang tergabung dalam komunitas maupun bukan harus bisa berfikir maju dan siap menjalankan amatan tugas dalam menangani sebuah maslaah yang terjadi di Indonesia. Sementara itu Kepala pusat BKS-PDK3MI dr. Febri menambahkan bahwa melalui forum – forum yang dilaksanakan merupakan salah satu langkah yang baik untuk memperkenalkan perhimpunan dokter kedokteran komunitas pada khalayak umum. “Dengan langkah baru yang akan ditempuh dan dilantikknya pengurus yang baru harapannya bisa menjadi bagian dari peran kesehatan di masyarakat dan di Indonesia” tandasnya.

Foto bersama peserta dan pengurus (BKS-IKM-IKP-IKK-FKI) dan PDK3MI

Reportase UPT Humas dan Protokoler

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *