Jl.Kedungmundu Raya No.18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

Meningkatkan Kinerja Para Pimpinan di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang Melalui Upgrading Pimpinan

Semarang | Salah satu program kerja dari Rektor Uiversitas Muhammadiyah Semarang pada periode 2020 – 2024 adalah untuk meningkatkan kualitas pimpinan yang ada dilingkungan Universitas, meliputi kepala Biro, Lembaga, Dekan dan Karodi serta kepala UPT  . Maka dari itu tidak heran jika diselenggarakannya Upgrading Pimpinan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja para pimpinan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang, pada Rabu (9/09/2020) bertempat di Aula lantai 7 gedung Fakultas Kedokteran. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Pembina Harian (BPH) sekaligus sebagai Narasumber, (H. Widadi, S.H.), Rektor Sekaligus Sebagai Narasumber (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd), Para Wakil Rektor dan para Pimpinan Lembaga, Dekan, Kaprodi serta tak lupa pula kepala UPT di Lingkungan Universitas Muhamadiyah Semarang.

Upgrading Pimpinan tersebut diadakan juga sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas diri, pengetahuan dan membangun sinergi antar unit satu dengan yang lainnya yang akan menciptakan iklim pekerjaan kyang positif. Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempersiapkan rapat kerja ditingkat universitas yang dimana program kerja yang disusun antar unit akan saling beririsan atau berhubungan satu sama lain, sehinga melalui agenda Upgrading Pimpinan tersebut harapnya program kerja yang disusun akan lebih maksimal agar tentunya bisa berjalan dengan efisien dan efektif, serta memberikan dampak positif bagi perkembangan Universitas.

Sambutan Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 (Dr. Budi Santosa, M.Si., Med)

Sementara itu melalui sambutan yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 bidang Akademik, Rektor menyampikan jika dilihat dari Visi awal Universitas, bahwa Unimus akan mencapai kualitas Unggul pada awal tahun 2034 kelak. Namun ketika melihat dari capaian – capaian yang ada di Unimus, sudah mentarget pada percepatan – percepatan pembangunan dan kualitas Sumber Daya Manusianya (SDM) yang semula sesuai dengan Visi awal Universitas dirubah menjadi tahun 2024 Unimus diharapankan bisa mencapai dan menjadi Universitas yang Unggul.

Pengisian Materi Oleh Narasumber pertama NPH Unimus (H. Widadi, S.H.)

Untuk mengarah ke Universitas yang unggul tidak akan bisa tercapai apabila tidak adanya sinergi bersama antar pimpinan yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang. Maka pada pelaksanakaan kegiatan Upgrading Pimpinan tersebut ditujukan membahas bersama untuk mengupgrade kembali pada penguatan – penguatan dan nilai – nilai yang harus dipahami, agar cita – cita yang telah dibangun untuk menuju ke kualitas Unggul pada tahun 2024 bisa terwujud. Maka dari itu Rektor menambahkan perlu adanya satu pemikiran, pemahaman, visi dan misi yang sama antar pimpinan untuk menhadapi hal tersebut. Selain itu diharapkan para pimpinan bisa membangun narasi – narasi positif yang bisa menjadi pengaruh dan panutan bagi seluruh karyawan untuk berfikir positif terhadap universitas yang sedang berkembang dan dibangun bersama. Tidak akan mungkin tercapai cita – cita Universitas apabila tidak adanya upaya untuk membangun pengaruh positif pada lingkungan yang ada di unit masing – masing.

Pengisian Materi oleh Narasumber 2 Rektor Unimus (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd)

Sebagai penutup Rektor menyampaikan Sebagai seorang pimpinan yang baik perlu mengetahui apa saja yang harus dikerjakan dan fungsi masing – masing tugas yang diemban, sehingga tidak ada kewenangan – kewenangan yang melampaui dari tugas pokok yang harus dikerjakan sesuai dengan hak dan kewajiban. Selain itu juga Rektor mengharapkan kepada para pimpinan yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang agar bisa membawa dan mengarahkan karyawan dengan baik dan bijaksana, sehingga bisa menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, sehingga bisa bekerja dengan Iklhas damai dan bisa menyelesaikan pekerjaan yang berat dengan baik dan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *