Jl. Kedungmundu Raya No. 18

SEMARANG, 50273

024 - 76740296

sekretariat@unimus.ac.id

LPPM Unimus Fasilitasi Akademisi & Praktisi Diseminasikan Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dimasa Pandemi melalui Webinar Nasional

Semarang | kondisi pandemi Covid – 19 yang terjadi hampir dua tahun ini memberikan dampak yang cukup serius pada pelaksanaan kegiatan diberbagai sekrtor, baik sektor ekonomi maupun pendidikan. Dampak yang dirasakan antara lain dalam pelaksanaan kegiatan seminar baik seminar nasional maupun internasionqal, yang semula dapat dilaksanakan dan dihadiri secara langsung atau offline, terpaksa harus dilaksanakan secara online dan dihadri baik oleh pelaksana, peserta maupun pemateri secara virtual atau daring dengan memanfaatkan media bantu yakni Zoom meeting, yotube maupun media online lainnya.

Dari hal tersebut maka perlu adanya solusi yang tepat untuk menfasilitasi, agar setiap kegiatan dapat berjalan lancar. Maka untuk menfasilitasi hal tersebut Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) menggelar kegiatan Seminar Nasional secara online Kamis (25/11/2021) dan disiarkan secara langsung dari aula lantai 7 gedung Fakultas Kedokteran melalui aplikasi Zoom dan Youtube Streaming, sebagai bentuk dukungan penuh bagi Akademisi dan Praktisi untum mendiseminasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan. Dengan mengangkat tema “Inovasi Riset dan Pengabdian Masyarakat Post Pandemi Covid – 19, Menuju Indonesia Tangguh dan Tumbuh”. Dengan harapan meskipun dilaksanakan secara online dapat menjadi sarana pengembangan kapasitas keilmuan akademisi Indonesia.

Hadir dalam kegiatan seminar Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.) Wakil Rektor I (Dr. Budi Santoso, M.Si., Med.) Kepala LPPM (Dr. Ir. Purnomo, S.T., M.Eng), Sekbid Penelitian dan pengabdian Masyarakat (Ir. Achmad Solichan, ST., M.Kom), Sekbid Publikasi, HaKI, dan Penerbitan (Eko Yulianto, S.PD.Si., M.Pd.), Dekan dan Dosen di lingkungan Unimus, dan diikuti oleh lebih dari 450 peserta yang berasal dari Akademisi dan Praktisi yang tersebar dari seluruh Indonesia dengan menggandeng Narasumber yang berkopeten yakni Pakar Teknologi Digital Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta (Anton Yudhana, MT., Ph.D) dan Pakar Ekonimi dan sekaligus Wakil Rektor II Unimus (Dr. Hardiwinoto, M.Si). Selain sebagai sarana diseminasi hasil penelitian dan pengabdian  masyarakat diberbagai bidang ilmu, kegiatan seminar nasional tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah publikasi nasional bagi akademisi & praktisi pada penelitian dan pengabdian masyarakat. Meningkatkan kerja sama antar peneliti dari berbagai institusi institusi sekaligus menjadi media publikasi bagi akadmeisi indonesia, dan sebagai sarana untuk membangun kemandirian penelitian dan pelaksanaan kegiatan masyarakat dalam berkarya dimasa pandemi.

 “Unimus sangat komitmen dalam pengembangan keilmuan terutama dalam dunia pendidikan yang nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat umum secara luas. Dalam konteks ini maka kami melaksanakan kegiatan webinar nasional ini meskipun masih dalam kondisi pandemi covid – 19”, kata Dr. Ir. Purnomo ST., M.Eng dalam laporan yang dipaparekan kepada wartawan disela kegiatan. Selain itu Dr. Ir. Purnomo  juga menyampaikan dikarenakan masih dalam kondisi pandemi covid 19 maka perlu berhati – hati dalam pelaksanaan seminar nasional ini, sehingga dilaksanakan secara online.

Pada tahun 2021 ini merupakan kali kedua kegiatan seminar nasional ini dilaksanakan secara online. Sementara itu melihat arah kebijakan pemerintah yang mengacu pada kemajuan progres keilmuan yang positif yakni penanganan covid – 19, maka diambillah topik “Inovasi Riset dan Pengabdian Masyarakat Post Pandemi Covid – 19, Menuju Indonesia Tangguh dan Tumbuh”. Dari topik tersebut selain untuk meningkatan pendidikan, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat, juga untuk penikatan ekonomi yang ada di Indonesia yang juga terdampak dengan adanya pandemi covid – 19 untuk menuju indonesia yang tangguh dantumbuh.

Kegiatan Webinar  nasional ini dilaksanakan dalam dua kategori yakni Oral Presentation dan presentasi poster hasil penelitian juga pengabdian masyarakat, yang  mengacu pada miltidispil ilmu yang diantaranya dalam ilmu Humaniora, Agama, Pendidikan, MIPA, Kesehatan, Ekonomi dan Teknik. Dari hasil – hasil presentasi tersebut nantinya akan diterbitkan dalam sebuah prosiding. Dan disamping itu juga akan diterbitkan di jurnal nasional dengan melalui seleksi yang ketat sehingga akan mendapatkan hasil artikel dan hasil penelitian yang terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *