Magister Ilmu Laboratorium Klinis (ILK) Program Pascasajana Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) sukses menggelar wisuda angkatan ke-2 program studi tersebut. Acara wisuda dilakukan dengan protokol kesehatan ketat di Gedung Serbaguna Unimus, Selasa (22/2/2022). Total wisudawan di tingkat universitas mencapai 323 dengan wisudawan dari Magister ILK sebanyak 6 orang (semuanya Cum Laude) dan berhak menyandang gelar MKes. Keenam mahasiswa yang mengikuti wisuda ke-2 tahun 2022 ini yaitu I Gusti Agung Ayu Satwikha Dewi, Ainutajriani, Dina Ferdiani, Amellya Octifani, Nurul Hadiatun, dan Siska Zafrida. Ketua program studi Magister ILK Unimus Dr Sri Darmawati MSi secara khusus memberikan sambutan dalam acara pelepasan wisudawan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) Magister ILK dan menyebut Magister S2 ILK Unimus masih satu-satunya program strata dua atau Magister untuk profesi ahli laboratorium medik di Indonesia.

“Prodi kami telah mendapatkan akreditasi Baik/Baik Sekali Lamptkes dengan nilai 336. Sampai saat ini Magister ILK telah meluluskan 2 angkatan, dengan jumlah lulusan dari angkatan pertama dan kedua total sebanyak 23 orang. Lulusan Magister ILK sangat dibutuhkan dan telah banyak institusi yang telah menanti lulusan untuk bergabung” jelas Dr Darmawati. Salah satu wisudawan terbaik program S2 ILK Angkatan kedua, I Gusti Ayu Satwikha menceritakan pengalaman tak terlupakan saat berkuliah di Magister ILK terutama saat mengikuti kuliah pakar. Kuliah pakar yang diberikan di Magister ILK menurutnya sangat berkualitas, demikian pula topik penelitian tesis yang ditawarkan setara dengan penelitian yang dilakukan di luar negeri. Menurut Dr Sri Darmawati, kuliah pakar yang diadakan Magister ILK memang sering menghadirkan para ahli di bidangnya baik dari dalam maupun luar negeri.

Wisudawan terbaik lainnya, Ainutajriani menyampaikan bahwa banyak ilmu baru yang dia dapatkan selama kuliah di Magister ILK, yang belum diperoleh saat menempuh D3 ataupun D4 jurusan Teknologi Laboratorium Medik atau Analis Kesehatan. Baginya pengalaman kuliah di S2 ILK memberikan bekal keilmuan yang sangat mendukung keilmuan profesi ahli laboratorium klinis yang ditekuni.

Menutup pidato sambutannya, Kaprodi S2 ILK memberikan ucapan selamat kepada semua wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi strata 2 dan ucapan terima kasih atas kepercayaan keluarga wisudawan yang telah mendukung upaya menempuh pendidikan tinggi di Magister ILK Unimus. Melalui proses pembelajaran berkualitas yang mengedepankan nilai-nilai Integritas dan profesionalisme. Dr Sri Darmawati berharap Program Studi yang dipimpinnya dapat memberi bekal tidak saja kemampuan akademik, tetapi juga kemampuan non-akademik (soft skill), serta meningkatkan kompetensi di berbagai bidang. Dirinya juga menyampaikan bahwa para lulusan telah menunjukkan diri sebagai generasi muda yang dapat dibanggakan dan diharapkan dapat terus berkontribusi untuk pembangunan bangsa Indonesia.

Loading

Leave a Reply