• Post author:
  • Post category:Berita
Pembukaan oleh Rektor Unimus didampingi Ka Prodi Pendidikan Kimia
Pembukaan oleh Rektor Unimus didampingi Ka Prodi Pendidikan Kimia

Prodi-prodi Kependidikan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) telah mengadakan Workshop “Evaluasi Supervisi Pembelajaran” yang diikuti oleh Kepala Sekolah dan guru SMA di Semarang. Narasumber workshop adalah Dr. Eny Winaryati, M.Pd, Kaprodi Pendidikan Kimia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Kimia.

Inti dari pelaksanaan kegiatan ini adalah terlaksananya kegiatan supervisi pembelajaran yang mengoptimalkan fungsi dan peran kepala sekolah sebagai supervisor, dengan memberdayakan guru serumpun, melalui self dan peer evaluation. Mengingat Evaluasi Supervisi Pembelajaran ini didasarkan dari hasil penelitian, maka sangat layak jika diimplementasikan pada sekolah. Workshop “Evaluasi Supervisi Pembelajaran” ini, dibuka oleh Rektor UNIMUS Prof. Masrukhi, M.Pd, pada hari selasa tanggal 6 Oktober 2015.

Kegiatan di atas diikuti dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) terkait magang kependidikan. Berkenaan dengan pemberlakuan perubahan kurikulum prodi kependidikan, maka dirasa perlu prodi kependidikan UNIMUS melakukan Focus Group Discussion (FGD). Perubahan terutama terkait dengan matakuliah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) menjadi Magang Kependidikan. Magang Kependidikan ini ada tiga tahap yaitu Magang Kependidikan I (1 sks), II (1 sks) dan III (2 sks), dengan pelaksanaannya pada semester yang berbeda. Demi kelancaran pelaksanaan di lapangan, maka Prodi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Kimia di lingkungan UNIMUS, mengadakan kegiatan FGD yang diikuti oleh kepala sekolah dan guru SMA se Semarang. Kegiatan ini ditindaklanjuti dengan penandatanganan bersama antara pihak sekolah dengan prodi pendidikan di UNIMUS. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan pada hari selasa tanggal 6 Oktober 2015, bertempat di Rektorat, dan dibuka oleh Rektor UNIMUS Prof. Masrukhi, M.Pd.

Bentuk-bentuk MoU diarahkan pada bingkai simbiosis mutualisme. Bentuk-bentuk kerjasama meliputi: pelatihan Penelitian Tindakan (PTK, PTS, PT-BK, PT), pelatihan evaluasi-supervisi pembelajaran, penelitian evaluasi bidang pendidikan, k

uliah umum “Membangun Karakter Siswa”, pelaksanaan Lesson Study, pelatihan manajemen laboratorium, pelatihan metodologi penelitian pendidikan, pembinaan Karya Ilmiah Remaja (KIR), pelatihan model pembelajaran “Active Learning”, dan kerjasama penelitian.

(Sumber: MIPA-humas&jipc)

 

Loading