• Post author:
  • Post category:Berita

UNIMUS | Semarang, Jumat (11/09/15) | Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) mengadakan Masa Ta’aruf yang disingkat “Masta”bertema “Mewujudkan Tri Kompetensi Dasar menuju Cendekiawan Profetik”. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Unimus(Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.), Wakil Rektor III(Dr. Djoko Setyo Hartono, SE., MM., SH., M.Kn.)dan Ketua LSIK (Rohmat Suprapto, S.Ag, Msi) serta Korkom Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Unimus. Peserta yang mengikuti Masta adalah seluruh Mahasiswa Baru Unimus yang dibimbing oleh Komisariat di Universitas Muhammadiyah Semarang. Ada lima komisariat di Unimus yaitu IMM Komisariat Asy-Syifa yang terdiri dari FE, FKM, FBBA, dan FT; IMM Komisariat Ar-Rozy yang terdiri dari Mahasiswa FIKKES dan beberapa dari FBBA; IMM Komisariat FMIPA; IMM Komisariat FK; dan IMM Komisariat FKG. Acara Masta dibuka dengan tarian sambutan yaitu Tarian Melayu yang dibawakan oleh Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat semester 3.

 

Rangkaian pembukaan Masta
Rangkaian pembukaan Masta

Kegiatan Masta bertujuan supaya Mahasiswa Baru atau IMMawan dan IMMawati Universitas Muhammadiyah Semarang lebih bisa bermuhasabah diri, sehingga IMMawan dan IMMawati lebih memiliki karakter islami dan berakhlak mulia.Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu pemberian materi mengenai bagaimana caranya menuju insan dan cendekiawan yang profetik. Materi tersebut disampaikan oleh Imam Mahdi dari Muhammadiyah Kota Semarang dan materi kedua disampaikan oleh Bapak Burhan Shodiq yaitu materi tentang renungan setiap hari oleh mahasiswa yang berkaitan dengan Akhlak Rosul. Beliau menyampaikan bagaimana agar kita sebagai Hamba Allah lebih mendekatkan diri kepadaNya sehingga lebih Taqarrub lagi kepada Allah dan RasulNya. Mahasiswa di ajarkan bagaimana cara berkorban kepada Allah bukan hanya berkorban ketika hidup di dunia. IMMawan dan IMMawati dianjurkan lebih menghargai dan berbakti kepada orangtua terutama kepada Ibu, beliau menjelaskan banyak sekali kebaikan yang dilakukan Ibu kepada kita. Sehingga dengan adanya materi dan pembekalan mengenai Akhlak Rosul ini lebih menyadarkan IMMawan dan IMMawati serta masyarakat Unimus pada umumnya.

 

Penyampaian materi
Penyampaian materi

Kegiatan Masta berlanjut di tingkat komisariat yang dilaksanakan pada hari Sabtu (12 September 2015). Masta Komisariat dilaksanakan oleh masing-masing komisariat sebagaimana disebutkan diatas. Untuk IMM Komisariat Asy-Syifa dilaksanakan di Kampus IV (Kasipah), IMM Komisariat Ar-Rozy dilaksanakan di Rusunawa Unimus, sedangkan IMM Komisariat FK, FKG, dan FMIPA dilaksanakan di kampus masing-masing. Kegiatan dalam rangka Masa Taaruf (MASTA) semoga dapat menjadi acuan bagi civitas akademika Unimus untuk menyelenggarakan kegiatan serupa yang bermanfaat bagi masyarakat umum.

Penyerahan sertifikat kepada salah satu narasumber
Penyerahan sertifikat kepada salah satu narasumber
Sesi foto bersama Rektor dan pengurus IMM
Sesi foto bersama Rektor dan pengurus IMM

(sumber: ukom/humas&jipc)

Loading